Tak Ada Kontraktor Tertarik, Proyek Jalan Cengkareng di Kecamatan Siantan Gagal Lelang
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 22-10-2019 | 14:51 WIB
kondisi-jalan-siantan.jpg
Kondisi jalan di wilayah Siantan Kabupaten Anambas. (Foto: Fredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satu proyek strategis Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2019 gagal lelang. Pasalnya, tidak ada pihak ketiga yang tertarik melakukan penawaran. Proyek tersebut ialah pembukaan Jalan Cengkareng, Pasir Merah Kecamatan Siantan dengan pagu anggaran Rp 3,2 miliar.

"Saat ini baru satu proyek yang mengalami gagal lelang, yaitu pembukaan Jalan Cengkareng. Ini sebelumnya sudah masuk dalam list Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) 2019 dan sudah terdata pada rencana umum pengadaan (RUP)," kata Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Pemkab Anambas, Teti Arnita, Selasa (22/10/2019).

Teti mengaku tidak tahu secara pasti terkait kegagalan itu, namun yang ia ketahui selama lelang dibuka, tidak ada pihak ketiga yang memasukkan penawaran.

"Kita tidak tahu penyebab utama proyek ini tidak dilirik oleh pihak ketiga. Yang tahu pasti itu OPD teknis (Dinas PUPR)," ujarnya.

Sampai saat ini, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas, Khairul Anwar, belum bisa memberikan keterangan lebih rinci. Pasalnya, yang bersangkutan sedang dinas luar. "Saya sedang rapat di Palembang. Nanti saya hubungi kembali," ucapnya.

Dari pengakuan sejumlah kontraktor, alasan utama tidak memasukkan penawaran pada pembukaan Jalan Cengkareng yaitu mempertimbangkan kontur tanah yang banyak bebatuan. Dan diperkirakan anggaran tersebut tidak sebanding dengan beratnya pekerjaan.

"Pertimbangannya ke sana. Jadi banyak kontraktor yang berpikir untuk memasukkan penawaran," ujarnya seraya mengelak namanya untuk dipublikasikan.

Editor: Dardani