Pemprov Kepri Ingatkan DPRD Anambas Agar Utamakan Kepentingan Masyarakat
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 17-10-2019 | 14:40 WIB
pelantikan-dprd-anambas.jpg
Suasana Pelantikan Pimpinan DPRD periode 2019-2024 di Sekretariat DPRD Anambas. (Foto: Fredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ingatkan, agar Pimpinan DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas harus mengutamakan kepentingan masyarakat ketimbang kepentingan politik.

Hal itu disampaikan Asisten I Pemprov Kepri, Raja Ariza saat memberikan kata sambutan pada Rapat Paripurna Pelantikan Pimpinan DPRD periode 2019-2024 di Sekretariat DPRD Anambas.

"Tugas dan fungsi DPRD ada tiga yaitu legislasi, penganggaran dan pengawasan. Dalam ketiga tugas dan fungsi itu, Pimpinan DPRD harus mementingkan kepentingan masyarakat, meningkatkan kualitas rakyat, dan meningkatkan perekonomian masyarakat. DPRD harus bisa mengutamakan itu ketimbang kepentingan politik," tegas Raja Aliza, Kamis (17/10/2019).

Raja Ariza juga menerangkan Eksekutif dan Legislatif merupakan mitra kerja dalam menyelenggarakan roda pemerintahan. Maka dari itu dibutuhkan sinergitas dan menjaga keharmonisan hubungan DPRD dengan Bupati dan Wakil Bupati.

"Tujuannya agar bisa memaksimalkan anggaran untuk program strategis, meningkatkan pelayanan pada dunia pendidikan dan kesehatan, serta meningkatkan sumber daya manusia yang mapan, menjaga budaya dan menjaga kelestarian alam," terangnya.

Sementara, Ketua DPRD yang baru dilantik, Hasnidar mengakui visi misi utama dalam Lembaga Legislatif yaitu mewujudkan aspirasi masyarakat dan mengutamakan kebutuhan masyarakat. "Untuk kebaikan Anambas, kami siap bekerja maksimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Hasnidar menyinggung kalau DPRD saat ini bukan anti kritik. Justru dia berharap kepada seluruh elemen agar memberikan saran, masukan dan kritik demi kebaikan bersama. "Kami membuka diri dan kami tidak anti kritik," ucapnya.

Editor: Dardani