Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdik akan Bentuk Satgas Anti Narkoba di Setiap Sekolah
Oleh : Wandy
Selasa | 26-09-2017 | 18:26 WIB
Kadisdik-Karimun-Bakri-Hasyim.gif Honda-Batam
Kadisdik Karimun, Bakri Hasyim (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Semakin maraknya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, membuat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim, mengambil langkah antisipasi dengan menyiapkan enam langkah guna mencegah masuknya narkoba di lingkungan sekolah.

"Keenam langkah tersebut yakni, meningkatkan pengawasan di dalam lingkungan sekolah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan peran aktif para guru di sekolah dalam mengawasi siswa-siswinya," ujar Bakri, Selasa (26/9/2017).

Kemudian membentuk satuan tugas (satgas) anti narkoba, di mana nantinya satgas ini untuk melakukan kegiatan ataupun sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada teman-temannya di sekolah.

"Lalu mengundang orang tua dan menyampaikan hasil dari pertemuan tentang bahayanya narkoba. Sehingga setelah diundang para orang tua akan dapat lebih berperan aktif di dalam keluarga sehingga anak tidak terlibat narkoba," katanya

Selanjutnya dengan meningkatkan koordinasi antara Kepala Sekolah dan guru. Dengan adanya koordinasi yang baik, kata Bakri, segala kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan karakter siswa dapat berjalan dengan baik. Lalu, mengaktifkan peran guru BP dan meningkatkan ektra kulikuler yang ada di sekolah seperti kegiatan rohani.

Menurutnya, dalam memerangi masalah narkoba tidak dapat dilakukan oleh pihak sekolah ataupun guru saja, namun memerlukan peran serta orang tua dan semua elemen masyarakat dan juga penegak hukum.

"Memerangi narkoba tidak dapat dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan guru di sekolah, tapi perlu peran orang tua dan seluruh lapisan masyarakat," tutup Bakri.

Editor: Udin