Ditpolair Polda Kepri Kampanyekan Laut Bebas dari Sampah
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 21-09-2017 | 14:38 WIB
Polair-Bersihkan-Sampah1.gif
Kasatrolda Polair Polda Kepri, AKBP Danu Waspodo saat menunjukan sampah yang berserakan di laut. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ditpolair Polda Kepri melakukan kampanye laut dari bebas sampah kepada masyarakat nelayan binaan melalui kegiatan Polisi Masyarakat.

Kegiatan itu dilakukan dalam bentuk menjadikan laut nusantara bersih bebas dari sampah. Sekaligus dalam kegiatan kampanye skala terbatas pengelolaan dan pemanfaatan sampah dalam mendudukng ren aksi instasional.

"Kegiatan ini kami lakukan kemarin di Pelantar 2 Hotel Laut Jaya Tanjungpinang. Kami turunkan KP Galang 3002," ujar Kasatrolda Polair Polda Kepri, AKBP Danu Waspodo.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri Jasman, Ketua Koperasi Nelayan Pijar Bertuah, akademisi dari Umrah Andre Jayadi, masyarakat nelayan serta mahasiswa Tanjungpinang.

"Kegiatan ini mencegah sampah laut dengan menjadi pelapor kesadaran bersih lingkungan laut kepada mayarakat pesisir. Sehingga laut menjadi bersih dan bebas dari sampah," kata Danu.

Edi, salah satu nelayan Pijar Bertuah Tanjungpinang mengatakan, butuh kesadaran dari masing-masing orang untuk tidak membuang sampah di laut. Dan dukungan pihak aparat diharapkan untuk terus mensosialisasikan kebersihan lingkuangn terus dilakukan.

"Penting kesadaran masyarakat, tapi kami berharap pihak aparatur terus melakukan sosialisasi. Agar mengingatkan masyarakat tidak membuah sampah dilaut," katanya.

Lanjut, Danu menanggapi permasalahan sampah di laut, memang sangat penting bagi para nelayan. Karena sampah juga dapat membuat pompong aatau jaring para nelayan menjadi rusak.

"Selain kampanye laut bebas dari sampah, kami juga membagikan lift jacket kepada para nelayan. Kami berharap para nelayanan dan maahasiswa yang hadir bisa menjadi pelapor kesadaran bersih lingkungan laut dari sampah," pungkasnya.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI