Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Registrasi Media Dibuka, Indonesia Dorong Jurnalis Promosikan Pengelolaan Air Berkelanjutan di World Water Forum ke-10
Oleh : Redaksi
Rabu | 17-04-2024 | 14:44 WIB
1704_usman-kamsong_02392348348.jpg Honda-Batam
Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - World Water Forum ke-10 akan menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk mendorong dan menginspirasi dunia melalui inisiatif tingkat tinggi dalam mengatasi masalah air global.

"Indonesia akan menekankan pentingnya komitmen politik terhadap pengelolaan air berkelanjutan serta mempromosikan tiga misi Indonesia ke forum internasional terbesar di bidang air," kata Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Endra S. Atmawidjaja, saat konferensi pers virtual bertajuk 'Media Registration and Coverage for the 10th World Water Forum', Selasa (16/4/2024).

"Kami berharap media akan mendukung kami dan memainkan perannya sebagai jembatan atau perantara informasi mengenai tantangan dan solusi air global," tambah Endra.

Lebih lanjut Endra menguraikan, tiga tujuan penting pemerintah Indonesia dalam Forum yang dijadwalkan pada 18-25 Mei 2024, termasuk pembentukan Centre of Excellence of Water and Climate Resilience (COE), mengutamakan Integrated Water Resources Management (IWRM) on Small Islands, dan pembentukan World Lakes Day.

Pendaftaran jurnalis dan media yang meliput World Water Forum ke-10 dibuka mulai Selasa (16/4/2024) hingga Sabtu (11/5/2024), melalui situs resmi https://media.worldwaterforum.org. Jurnalis media asing juga dapat merujuk ke situs tersebut untuk rincian tentang pendaftaran dan persyaratan masuk.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong mengatakan, Media Center yang berlokasi di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) 2, Tanjung Benoa Hall dan Legian Hall. Lokasi ini akan dipersiapkan untuk menyambut para jurnalis dan berfungsi sebagai pusat informasi Forum Air Dunia ke-10.

"Kami akan menyediakan siaran pers, foto, video, dan konten informasi pendukung lainnya. Karena keterbatasan ruang peliputan, kami akan menyediakan dan mendistribusikan seluruh konten di Media Center," kata Usman.

Sementara itu, media atau jurnalis yang berhalangan hadir dalam Forum dapat memperoleh informasi dan konten terkait World Water Forum ke-10 di halaman https://media.worldwaterforum.org.

Editor: Gokli