Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Anambas Berterima Kasih Atas Pengabdian SM3T Bagi Generasi Penerus
Oleh : Fredy Silalahi
Jumat | 25-08-2017 | 18:02 WIB
pelepasan-guru-terdepan-di-anambas.gif Honda-Batam
Pemkab Anambas menyerahkan 42 SM3T kembali kepada Dirjen GTK (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menyerahkan kembali 42 Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T) kepada Direktorat Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Setahun (1 September 2016 - 26 Agustus 2017) mendidik di Anambas tentu banyak pengalaman yang didapat di Anambas ini, tetapi yang lebih mulia adalah Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Sarjana Muda atas pengabdian pendidikan bagi generasi penerus, khususnya Anambas ini," ujar Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra saat memberikan sambutan pada acara Pelepasan SM3T kepada Dirjen GTK di BPMS, Jumat (25/8/2017).

Wan menambahkan, keberadaan SM3T sangat berpengaruh pada pendidikan di Anambas termasuk dari segi kuantitas dan kualitas pendidikan. Dan tenaga pendidik juga merupakan Garda Terdepan bagi bangsa dan negara ini.

"SM3T sangat bermanfaat bagi pendidikan Anambas, tentunya membawa dampak yang positif bagi masyarakat maupun tenaga pengajar di Anambas ini. Sekembalinya dari Anambas, SM3T lebih mengembangkan diri dan meningkatkan profesionalitas dalam mengajar. Kami juga berharap besar kerja sama ini tetap berlanjut, karena kami sangat kekurangan tenaga pengajar," tambah Wan Zuhendra.



Sementara, Perwakilan Dirjen GTK Mendikbud, Zaim mengatakan, SM3T merupakan program Pemerintah untuk mencerdaskan bangsa dan semua wilayah NKRI mendapat pendidikan secara merata. Program SM3T juga bukan hanya untuk melahirkan guru, namun menciptakan tenaga pendidik yang profesional.

"Kami juga berterima kasih atas kesediaan Pemda menerima SM3T ini dalam rangka Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia. Semoga pengalaman selama mendidik di Anambas membentuk sikap profesional dan bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa. Kami juga berharap, kerja sama ini tetap berlanjut. Kalau ada SM3T ini memenuhi kriteria yang dibutuhkan Pemkab Anambas, silakan direkrut melalui pengusulan ke Mendikbud," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, mewakili SM3T, Sandi, juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama dengan Pemda Anambas. Menurutnya, selama di Anambas banyak pengalaman yang ditempuh dan berbeda dengan kabupaten/ kota lainnya.

"Berada di sini (Anambas) merupakan pengalaman yang berharga bagi kami. Kami menemukan budaya baru dan lingkungan baru. Mudah-mudahan apa yang kami perbuat untuk Anambas bermanfaat untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi generasi penerus bangsa," serunya.

Editor: Udin