Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanjungpinang Kembali Boyong Piala Adipura
Oleh : Habibie Khasim
Kamis | 03-08-2017 | 19:50 WIB
Lis-bawa-piala-Adipura.gif Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah berfoto bersama OPD usai menerima Piala Adipura (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kota Tanjungpinang bersama 122 kabupaten/ kota di tanah air memperoleh Piala Adipura kategori kota sedang. Piala tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, kepada Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, Rabu (2/8/2017) malam di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Penghargaan yang diserahkan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Hari Puncak Lingkungan Hidup Sedunia. Ada 3 bentuk penghargaan yang diberikan, yaitu Piala Adipura, Sertifikat Adipura dan Plakat Adipura.

Dengan diperolehnya piala tersebut, terhitung sejak kepemimpinan Suryatati A Manan hingga Lis Darmansyah dan munculnya program Adipura, sudah ada 13 buah piala yang diterima Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Penghargaan tersebut sebagai lambang keberhasilan Pemerintah Daerah dalam menciptakan kota yang bersih,  nyaman dan asri, pembangunan berkelanjutan dan adanya kerja sama serta peran aktif masyarakat dan pemerintah sehingga penghargaan tersebut kembali diterima.

Lis menyampaikan rasa syukurnya atas apa yang sudah diraih, serta ucapan terima kasih kepada masyarakat Tanjungpinang, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Wakil Wali Kota, Forkopimda, Sekdako , Pimpinan OPD, Assistan, Staff Ahli, camat, Lurah, RW, RT, Ibu-ibu Majelis Taklim, Keluarga Besar Pemko Tanjungpinang.

Selain itu ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Bung kherjuli LSM  ALIM, Bung Juprianto LSM Gapalih dan seluruh keluarga besar Dinas Perkim, keluarga besar Dinas Lingkungan Hidup, terkhusus  untuk petugas kebersihan dan seluruh pihak yang terlibat secara langsung ataupun tidak langsung, sehingga piala Adipura diraih kembali.

"Saya berharap, semoga apa yang sudah diperoleh ini bermanfaat bagi masyarakat Tanjungpinang dan sekaligus sebagai lambang salah satu Kota Bersih di Indonesia," tutur Lis.

Menurut Lis, dengan diperolehnya berbagai macam penghargaan secara langsung maupun tidak langsung, dapat menggairahkan kembali ekonomi masyarakat Tanjungpinang.

"Sejak beberapa penghargaan diperoleh Pemko Tanjungpinang banyak daerah lain di Indonesia melakukan kunjungan kerja ke negeri ini. Mereka ingin belajar dan melihat langsung wajah Tanjungpinang," ujar Lis.

"Hal tersebut sangat menguntungkan bagi Tanjungpinang, paling tidak meningkatkan jumlah hunian hotel,  rumah makan, transportasi dan lainnya. Peluang tersebut bisa ditangkap oleh masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan," kata Lis.

Bagi Lis, penghargaan yang diterima bukanlah semata-mata karena dirinya, tetapi merupakan kerja keras seluruh OPD dan masyarakat. Sedangkan dirinya hanya sebagai motor penggerak saja bersama Wakil Wali Kota dan Sekda.  

"Tanpa ada OPD, Camat, Lurah, RT dan RW, saya tidak mungkin mampu menata kota sendiri. Bagaimana teknisnya ada di mereka. Untuk itu, perlu ada kerja sama dan koordinasi yang baik semua pihak," tutur Lis.

Editor: Udin