Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Imbas PPDB, Banyak Sekolah di Batam tidak Bisa Terapkan Full Day School
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 27-07-2017 | 10:38 WIB
Kadisdik-Batam-011.gif Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Beberapa sekolah di Batam yang telah menjalankan Full Day School pada tahun lalu, terpaksa dikembali kan seperti semula secara reguler. Ini imbas dari membeludaknya penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2017/2018.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin mengakui banyak sekolah yang harus kembali seperti semula dalam proses belajar mengajar dan tidak menerapkan full day school.

"Banyak sekolah yang tahun lalu menerapkan full day school, setelah PPDB terpaksa dikembalikan seperti semula," ujarnya Muslim Bidin, Kamis (27/07/2017).

Seperti halnya SMP Negeri 03 Sekupang, lantaran dalam PPDB membeludak dalam penerimaan siswa didik baru, kini sekolah unggulan tersebut, tidak lagi melaksanakan proses belajar mengajar selama 5 hari.

"Ya, kita kembalikan seperti semula, karena dalam persyaratannya tidak lagi memenuhi," ujarnya.

Persyaratan dalam menerapkan full day school kata Muslim yaitu, kesiapan sekolah, infrastruktur, kesiapan guru dan murid serta mendapat dukungan dari orangtua murid. Tetapi infrastruktur menjadi hal yang paling wajib.

"Kalau dalam satu kelas diisi 40 murid, itu sudah tidak masuk dalam kategori melaksanakan full day school. Terpaksa harus dikembalikan, seperti SMPN 03 membeludak. Tetapi banyak sekolah yang harus dikembalikan tidak hanya SMPN 03 Sekupang," ujar Muslim.

Untuk itu, pihaknya saat ini sudah memperintahkan pejabat terkait, guna melakukan evaluasi, dalam menjalankan peraturan Mendikbud nomor 23 tahun 2017.

"Evaluasi ulang di mana yang siap, terutama pada sekolah unggulan. Karena sekolah unggulan wajib melaksanakan full day school," pungkasnya.

Editor: Gokli