Ribuan Pencaker Seruduk Batamindo
Oleh : Yosri Nofriadi
Rabu | 26-07-2017 | 16:26 WIB
Ribuan-pencaker-padati-KIB.gif
Ribuan pencaker kembali memadati Kawasan Industri Batamindo Mukakuning, Kecamatan Seibeduk pada Rabu (26/7/2017) (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan pencari kerja (Pencaker) kembali memadati Kawasan Industri Batamindo Mukakuning, Kecamatan Seibeduk pada Rabu (26/7/2017).

Perusahaan-perusahaan di Kawasan Industri Batamindo ada yang melakukan perekrutan tenaga kerja, walaupun jumlahnya tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut yakni, PT Ciba Vision, PT Sumitomo dan PT Patlite Mukakuning.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, terlihat ribuan pencaker yang mayoritasnya adalah wanita, memadati kawasan tersebut sejak pagi. Mereka berdesak-desakan dan berebut demi memasukkan lamaran di kedua perusahaan manufaktur itu.



Humas PT Tunas Karya Indoswasta, Julismanita Ade, sebagai penyalur ke perusuhaan menuturkan, kedua perusahaan tersebut membutuhkan 100 tenaga karyawan baru. Jumlahnya bervariasi, mulai dari 20 orang hingga 100 orang.

"Lowongannya untuk operator bagi lulusan SMA, sebagian juga ada staff untuk yang punya ijazah Sarjana atau Strata 1 ," ujar Ade.

Dia mengatakan, sejak Selasa kemarin (25/7/2017), kedua perusahaan tersebut sudah membuka lowongan kerja. Namun sudah ribuan pencaker yang datang ke Batamindo untuk melamar kerja. Jumlah tersebut tidak sebanding dengan lowongan kerja yang ada.

"Beberapa pekan terakhir ini sudah banyak perusahaan yang rutin membuka lowongan, seperti PT Yokogawa, PT Wohlrab Indonesia, PT Philips, PT Sumitomo, Unicem, dan Ciba Vision. Namun pencaker yang datang turus berdatangan," ujarnya lagi.

Sebelumnya, PT Tunas Karya Indoswasta menerima 200 lamaran pekerjaan. Ratusan pelamar itu, sebelumnya sudah melalui tahap seleksi tenaga kerja. Mereka yang sudah diterima karena memenuhi syarat kriteria, kemudian akan diseleksi ulang dan akan mengikuti serangkaian tes sesuai kualifikasi.

"Dari ratusan yang lolos seleksi juga akan menjalankan tes wawancara, psikologis, intelegensi, dan kesehatan. Namun banyak dari mereka yang tidak lolos karena tidak masuk dalam kreteria perusahaan," jelasnya.

Kebanyakan dari perusahaan yang membuka lowongan juga meminta calon pekerja yang masih muda, yaitu usia 19 sampai 23 tahun. Hal tersebut karena mereka menginginkan pekerja yang masih produktif dalam bekerja.

"Pasti nanti akan buka lagi, karena banyak yang tidak sesuai dengan keinginan perusahaan," kata Ade.

Hal senada juga disampaikan Mega, staff HRD PT Patlite, yang turut membuka lowongan pekerjaan. Dia mengatakan mencari enam orang pekerja perempuan yang akan ditempatkan sebagai operator dengan kreteria umur maksimal 25 tahun.

"Kemarin kita sudah cari 10 orang, tapi masih kurang. Makanya kita buka. Tapi yang melamar hari ini cukup banyak, padahal kita hanya butuh sedikit," katanya.



Banyaknya pencaker yang datang ke kawasan Batamindo membuat para pencaker berebut memasukkan lamaran.

Salah satunya Rani (19), mengatakan sangat berharap diterima di salah satu perusahaan tersebut. Saking banyaknya pencaker, ketika pihak perusahaan membuka lowongan, sering terjadi saling dorong. "Sulit cari kerja sekarang," ujar wanita asal Jawa Timur tersebut.

Rani sendiri mengaku sejak tiga bulan terakhir menganggur selepas keluar dari karyawan konter handphone yang berada di Panbil. Kini dia akan tetap berusaha mencari pekerjaan. "Usaha saja dulu, kalau tak ada lagi pulang kampunglah," ujarnya singkat.

Editor: Udin


BNN-KEPRI