Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anak Putus Sekolah di Anambas Dilatih Keterampilan di Pekanbaru
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 17-07-2017 | 19:50 WIB
PSBR-Rumbai-PKU.gif Honda-Batam
Panti Sosial Bina Remaja Rumbai (Sumber foto: BertuahPos)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas akan membawa tujuh anak putus sekolah ke Panti Sosial Rumbai di Pekanbaru, Provinsi Riau. Ketujuh anak tersebut akan mengikuti pelatihan sesuai potensi yang dimilikinya.

"Besok pagi kami akan berangkat ke Tanjungpinang. Sebenarnya ada 10 yang kami data merupakan anak putus sekolah. Namun, 3 di antaranya tidak jadi berangkat karena melebihi batas umur, sudah bekerja dan tidak diizinkan orangtua," ujar Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Jaminan Sosial, Supriadi, Senin (17/7/2017).

Supri mengatakan, umur maksimal untuk mengikuti pelatihan di Panti Sosial milik Kemensos tersebut yakni 18 tahun. Menurutnya, pelatihan tersebut untuk menggali potensi keterampilan anak yang putus sekolah.

"Kami berharap, setelah pulang dari Panti Sosial, si anak sudah memiliki keterampilan sehingga sudah memiliki modal untuk mencari pekerjaan. Tahun lalu (2016) kami mengirimkan 9 anak ke Panti Sosial, tetapi baru 3 yang mendapat pekerjaan," jelasnya.

Dia juga menegaskan, pelatihan tersebut akan berlangsung hingga 6 bulan ke depan. Dan setelah selesai, akan dilakukan penjemputan dan diberikan bantuan alat sesuai keterampilan.

"Anak ini akan tinggal di asrama dan makannya ditanggung oleh pemerintah. Setelah mengikuti pelatihan selama 6 bulan, anak-anak ini akan kami jemput, dan dibekali dengan modal alat. Contohnya anak mengikuti pelatihan di bagian perbengkelan, maka kami akan membantu alat seperti kunci-kunci," urainya.

Editor: Udin