Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 9 Alasan yang Bikin Anda Tak Kunjung Jadi Orang Kaya
Oleh : Redaksi
Selasa | 11-07-2017 | 08:29 WIB
kaya-01.gif Honda-Batam
Ilustrasi Orang Kaya. (Playbuzz)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penulis buku 'How Rich People Think', Steve Siebold mengatakan setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi kaya. Tapi pertanyaannya, menurut dia, apakah menjadi kaya itu benar-benar sudah ada dalam kamus hidup Anda?

Selama ini Anda mungkin sudah mencoba berhemat dan menabung. Sesuai peribahasa, menabung pangkal kaya. Namun hasilnya tidak signifikan. Hidup Anda begini-begini saja. Mengutip Independent, ada sembilan alasan yang menyebabkan Anda tak kunjung menjadi orang kaya.

Coba simak uraiannya berikut ini:

1. Terlalu fokus penghematan
"Berhentilah khawatir akan kehabisan uang,” kata Steve Siebold. Dia menyarankan Anda sebaiknya fokus bagaimana membuat uang lebih banyak lagi.

2. Belum berinvestasi
Salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan lebih banyak uang dari waktu ke waktu adalah dengan menginvestasikannya. Dan, semakin awal Anda memulai investasi, itu akan semakin baik.

Rata-rata jutawan menginvestasikan 20 persen dari pendapatan mereka setiap tahunnya. Kekayaan mereka tidak diukur dari jumlah yang dihasilkan, tapi bagaimana kekayaan itu disimpan dan diinvestasikan dari waktu ke waktu.

3. Puas dengan gaji tetap
Rata-rata orang memilih untuk mendapatkan imbal berdasarkan waktu alias punya gaji tetap. Sementara orang kaya memilih untuk mendapatkan bayaran berdasarkan hasil, dan biasanya wiraswasta. "Orang-orang hebat tahu wiraswasta adalah jalan tercepat untuk menjadi kaya,” ujar Steve Siebold.

4. Membeli barang yang tidak mampu dibeli
Jika hidup melebihi kemampuan, maka Anda tidak akan menjadi kaya. Bahkan jika penghasilan mulai meningkat, jangan menggunakannya sebagai pembenaran untuk membuka peluang peningkatan gaya hidup.

5. Mengejar impian orang lain
Jika ingin sukses, cintailah apa yang Anda lakukan. Dengan begitu, Anda telah mengejar impian sendiri, bukan berusaha mewujudkan keinginan orang lain, misalnya orang tua atau pasangan.

6. Jarang keluar dari zona nyaman
Jika ingin membangun kekayaan, kesuksesan, atau maju dalam kehidupan, Anda harus terbiasa dengan ketidakpastian atau ketidaknyamanan. Sebab, orang kaya merasa nyaman dalam ketidakpastian.

7. Uang tak bertujuan
Uang tidak akan datang begitu saja. Anda harus mecarinya. Jika ingin menjadi kaya, Anda harus punya tujuan yang jelas dan spesifik sebelum membuat rencana keuangan.

8. Habiskan dulu, tabung sisanya
Jangan menghabiskan uang dulu baru sisanya ditabung. Sebaiknya simpan dulu uang yang ada, barulah sisanya digunakan untuk kebutuhan. Sisihkan minimal 10 persen dari penghasilan kotor Anda dan buat prosesnya otomatis, misalnya dipotong langsuung dari rekening bank setiap kali gajian.

9. Pesimistis menjadi kaya
"Sebagian besar orang percaya menjadi kaya adalah hak istimewa yang diberikan hanya kepada mereka yang beruntung," kata Steve Siebold. Tapi percayalah, siapapun berhak menjadi kaya asalkan Anda bisa menjadi orang yang bernilai bagi orang lain.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli