Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Guru di Tanjungpinang Harus Targetkan Siswanya Lulus UN
Oleh : Habibi
Rabu | 26-02-2014 | 13:51 WIB
kadisdik_dadang_baru.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjungpinang, Dadang AG.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ujian Nasional (UN) yang sudah di ambang pintu meemberikan kerja ekstra untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta pihak sekolah, terutama guru. Kepala Disdikbud Kota Tanjungpinang, Dadang AG meminta guru memasang target nilai rata-rata siswa agar lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

"Sebenarnya yang didongkrak itu nilainya bukan kelulusannya, karena lulus atau tidak lulus siswa bergantung dari nilai, maka dari itu kita minta guru menargetkan nilai rata-rata siswa untuk kelulusan tahun ini, mudah-mudahan meningkat dari tahun sebelumnya," tutur Dadang saat ditemui di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Kota Tanjungpinang, Senin (24/2).

Dadang mengatakan untuk guru yang berhasil mencapai target nilai tertinggi untuk siswa maka akan diberikan reward. Namun Dadang belum dapat membocorkan reward tersebut berbentuk apa.

"Jika targetnya tercapai, kita akan memberikan reward untuk guru, karena dia berhasil meningkatkan nilai siswa. Mengenai nilainya terserah guru, apakah itu 6 atau 6,5, yang jelas tetap memperhatikan kemampuan siswa, dan tidak boleh dipaksakan," tutur Dadang.

Sementara itu, mengenai perankingan kelulusan yang biasanya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk setiap daerah, Dadang mengaku tidak masalah jika berada di posisi 4 atau 3 untuk Kota Tanjungpinang tahun ini.

"Biarlah ranking kelulusan rendah yang penting ranking nilai rata-rata kita tinggi," tutur Dadang.

Editor: Dodo