PKP

Target Rebut Kembali Juara Umum

Pemprov Kepri Gelar Simulasi Menuju MTQ Nasional di Sumut
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 14-09-2018 | 15:16 WIB
simulasi-mtq1.jpg honda-batam
Gubernur Kepri Nurdin Basirun menghadiri kegiatan simulasi MTQ Nasional 2018 di Sumatera Utara. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, batam - Pemerintah Provinsi Kepri menggelar simulasi MTQ Nasional di pusat pendidikan Al-Quran, Quran Centre Sekupang Batam, Jumat (14/9/2018). Persiapan dilakukan untuk merebut kembali juara umum di MTQ Nasional XXVII tahun 2018 di Sumatera Utara.

Direktur Quran Centre, Mahadi Rahman mengatakan, kegiatan simulasi bertujuan untuk membuat para peserta seolah sudah mengikuti perlombaan sesungguhnya. Dari simulasi yang dilakukan, akan bisa dinilai semua peserta sudah sempurna dan bisa diharapkan mendapat juara.

Untuk mengikuti MTQ XXVII Tingkat Nasional 2018 di Sumatera Utara, jelas Mahadi, Provinsi Kepri mengutus sebanyak 56 orang qari-qariah, hafiz-hafizah, mufassir-mufassiroh, dan kaligrafi dari kabupaten/kota di Kepri telah dibina.

"Pembinaan dipusatkan di Quran Center Provinsi Kepri Batam ini. Para kafilah ini kita persiapkan dari Kepri untuk mengikuti MTQ Nasional ke XXVII di Medan nanti," ujarnya.

Kegiatan simulasi peserta ini dilaksanakan dari pagi sampai sore. Mereka langsung ditampilkan satu per satu sesuai jenis lomba yang diikuti nanti di MTQ Nasional dan langsung mendapat penilaian dari tim dewan juri.

Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun yang saat itu ikut langsung menyaksikan simulasi bertekad, agar Kepri dapat mempertahankan dan mengukir sejarah lagi dengan kembali menjadi Juara Umum pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional pada Oktober mendatang di Kota Medan.

"Meraih juara umum bukanlah hal yang mustahil, mengingat berbagai pelatihan dan sejarah juara dari para kafilah yang sudah sering diraih di berbagai perlombaan," ujar Nurdin saat meninjau pelaksanaan simulasi.

Untuk itu Nurdin berharap, dengan kegiatan simulasi yang dilakukan, akan dapat mengukur kemampuan yang telah terbina selama ini serta dengan tetap menjaga kebersamaan, kekompakan saling mendukung antar sesama pelatih dan kafilah, dan juga jaga selalu kesehatan.

"Kekompakan sesama kafilah akan menjadikan tim kita kuat dan menggapai juara umum dengan sangat mudah insyaallah," lanjut Nurdin.

Menurut Nurdin meskipun hasil dari simulai yang telah terbukti baik namun juga perlu kembali mematangkan dan menguatkan mental.

"Dengan adanya kegiatan ini, saya yakin para kafilah semakin matang persiapannya, insyaallah Kepri bisa mendapatkan yang terbaik dalam mengikuti MTQ nasional nanti," tutup Nurdin.

Turut mendampingi Gubernur saat meninjau kegiatan simulasi para kafilah Kepri diantaranya KH.Azhar Hasyim selaku ketua tim kafilah Kepri, perwakilan dari Kanwil Kemenag Kepri dan Kabiro Humas Protokol dan Penghubung Nilwan.

Editor: Yudha