Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mabes Polri Gelar Sosialisasi Tangkal Radikalisme di SMK 1 Karimun
Oleh : Wandy
Selasa | 17-07-2018 | 14:28 WIB
sosialisasi-polri1.jpg Honda-Batam
Sosialisasi Tangkal Radikalisme di SMK 1 Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Guna mencegah masuknya paham radikal di lingkungan sekolah, Ketua Tim Satgas Banops Div Humas Mabes Polri Kombes Sulistyo Pudjo Nugroho menggelar sosialisasi upaya pencegahan paham radikal di SMK 1 Karimun, Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun, Selasa (17/7/2018).

Menurut dia, pencegahan dan penindakan terhadap paham radikal ini merupakan program dari Polri itu sendiri guna mewujudkan rasa aman khususnya di sekolah-sekolah.

"Kita dari Mabes berkeliling kesetiap daerah khususnya ke sekolah-sekolah agae jangan sampai paham radikal ini masuk ke anak-anak kita," kata Sulistyo.

Pihaknya berharap kepada generasi penerus bangsa ini nantinya dapat menyebarkan paham damai sehingga kedepannya mereka bisa lebih bermanfaat untuk pembangunan bangsa ini.

Guna mencegah itu semua pihaknya, baik dari Polsek, Polres, Polda maupun Mabes akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar jangan sampai paham radikal tersebut masuk kedalam lingkungan sekolah khususnya para siswa-siswi ini.

"Karena hal tersebut bisa saja terjadi. Pasalnya anak-anak ini sudah paham dengan yang namanya teknologi terutama internet. Untuk itu kita mengantisipasi dengan baik agar jangan sampai merambat kepada mereka," jelasnya

"Harapan kita tentunya dunia pendidikan dapat bahu membahu Polri, untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman sehingga anak-anak ini bisa tumbuh secara berkembang dan bermanfaat bagi orang banyak," kata dia.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK 1 Karimun Mastoer mengatakan, pihaknya menyambut baik, dengan harapan apa yang disampaikan dapat memberikan perubahan kepada siswa-siswi SMK 1 Karimun ke depannya.

"Tentunya dengan kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan penguatan pemahaman kepada siswa-siswi. Sehingga mereka dapat menerapkan serta menangkal segala bentuk gangguan yang akan merusak keutuhan bangsa," katanya.

Menurut dia kurikulum yang berkenaan dengan Pancasila sangat sedikit sekali khususnya mata pelajaran PPKN. Jadi untuk kurikulum yang akan datang perlu penambahan untuk materi pelajaran pancasila agar menambah penguatan pemahaman terhadap Pancasila.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksankan oleh Mabes Polri tersebut diikuti sekita 400 siswa SMK 1 Karimun.

Editor: Yudha