PKP

Zulkifli Pertemukan Gatot dan Anies di Widya Chandra
Oleh : Irawan
Kamis | 31-05-2018 | 09:04 WIB
zul_anies_gatot.jpg honda-batam
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mempertemukan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Gubernur DKI Anies Baswedan di kediamannya

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan mempertemukan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Gubernur DKI Anies Baswedan dalam acara buka puasa KAHMI yang diselenggarakan di rumah dinas di Widya Chandra IV Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Zulkifli lantas menggandeng keduanya agar berfoto di hadapan wartawan, dan menyebutnya calon pemimpin. Ketua Umum PAN itu lantas mencandai keduanya dengan menanyakan kepada wartawan siapa yang lebih pantas menjadi pemimpin. Saat itu, Zulkifli tepat berdiri di tengah Anies dan Gatot.

"Yang mana, nih," tutur Zulkifli, sambil tertawa. Gatot lantas menjawab yang tengah (Zulkifli) yang paling layak jadi pemimpin.

Zulkifli kembali menjawab, dirinya hanya mempertemukan Anies dan Gatot. Sementara itu, Anies enggan menanggapi candaan Zulkifli. "Tadi kan pas-pasan. Saya datang, beliau (Gatot) mau pulang. Kan ketemunya begitu. Saya datang pas dia mau pulang," ujar Anies.

Gatot sendiri datang terlebih dulu sebelum adzan maghrib berkumandang. Ia telah berbincang banyak dengan Zulkifli dan juga Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Beberapa lama setelah buka puasa, Gatot Nurmantyo pun pamit untuk pulang.

Namun, bertepatan dengan kepulangan Gatot, Anies Baswedan tiba di depan rumah dinas Zulkifli. Saat itu jarum jam menunjukkan pukul 19.30 WIB. Saat bertemu, Anies dan Gatot lantas salaman.

Gatot mengatakan, tujuan kedatangannya hanya untuk memenuhi undangan berbuka puasa dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional yang juga dihadiri tokoh nasional seperti Amien Rais dan Akbar Tanjung. "Arah-arahnya adalah buka bersama karena saya diundang oleh KAHMI, hanya tempatnya di rumah Ketua MPR," ujarnya.

Namun, Zulkifli mengatakan, dalam acara buka bersama itu, perbincangan di meja makan terus mengalir dengan berbagai topik. "Misalnya soal makanannya enak atau tidak," tuturnya.

Ia pun tak menampik ada perbincangan mengenai dinamika pemilihan presiden 2019 selama berbuka puasa bersama. "Pokoknya semua disinggung," ungkapnya.

Pertemuan keduanya bukanlah yang pertama kali. Sebelum pertemuan hari ini, Zulkifli dan Gatot Nurmantyo pernah bertemu di kantor Ketua MPR beberapa waktu lalu. Hingga saat ini, PAN merupakan salah satu partai yang belum menyatakan dukungan dan koalisinya secara resmi dalam pilpres 2019.

Nama Gatot masuk bursa calon presiden atau wakil presiden dalam pemilu 2019. Ia pun bergerak mendekati sejumlah partai politik terkait dengan rencana pencalonannya. Meski begitu, ia mengatakan dinamika politik masih sangat cair menjelang masa pendaftaran calon presiden pada 4-10 Agustus 2018.

Editor: Surya