Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas Perpustakaan Karimun Perkenalkan Legenda Lokal Lewat Membaca
Oleh : Wandy
Jumat | 27-04-2018 | 12:53 WIB
legenda-membaca.jpg Honda-Batam
Para pemenang lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dalam menggali literasi atau minat baca di kalangan pelajar Kabupaten Karimun Dinas Perpustakaan Kabupaten Karimun memperkenalkan legenda atau kisah yang dianggap oleh rakyat sebagai sesuatu yang benar terjadi.

Kasi Pelayanan Perpustakaan dan Otomasi Kabupaten Karimun, Yori Tayana mengatakan, literasi melalui legenda lokal yang diperlombakan bertujuan untuk melestarikan khazanah budaya Melayu.

"Ini salah satu upaya kita untuk meningkatkan literasi atau minat baca bagi murid-murid di Kabupaten Karimun," kata Yori, Jumat (27/4/2018).

Ini merupakan program Pemerintah Pusat, di mana melestarikan khazanah budaya Melayu dengan cara mengembalikan legenda-legenda nusantara di tengah-tengah masyarakat.

"Karena Pemerintah Daerah menginginkan legenda nusantara yang memiliki pesan moril agar dapat diteruskan ke generasi muda untuk dapat dipelajari," katanya.

Pihaknya juga meminta kepada seluruh peserta yang terdiri dari 24 peserta utusan per kecamatan untuk dapat menceritakan legenda Moyang Seraga, Badang Perkasa, Doarif dan Putri Gunung Ledang serta Tempayan.

Dalam perlombaan tersebut pihaknya melibatkan 4 orang dewan juri yang terdiri dari 2 orang sejarahwan Karimun dan 2 orang lainnya dari akademisi. Di mana para juri nantinya akan menilai substansi legenda yang disampaikan, improvisasi anak dan lain sebagainya.

Perlombaan yang dilaksanakan disampaikan oleh murid kelas 3 sampai kelas 5 Sekolah Dasar, di mana masing-masing cerita disampaikan dengan bahasa-bahasa daerah sebagai bahasa pendekatan yang tentunya didukung dengan dialog dan mimik anak-anak tersebut.

"Karena dari cerita yang mereka sampaikan akan dinilai mana-mana yang terbaik dalam menyampaikan cerita tersebut. Di mana nantinya perlombaan serupa akan digelar di tingkat provinsi, masing-masing pemenang akan mewakili Karimun dalam tingkat provinsi," katanya.

Dalam lomba tersebut, yang menjadi pemenang pertama utusan SDN 002 Karimun atas nama Derry Hardani, juara kedua utusan SDN 001 Ungar atas nama Annisa Syadiq dan juara ketiga utusan SDN 002 Durai atas nama Jonnatani Ar Rumoloni.

Sedangkan untuk juara harapan I dimenangkan oleh utusan dari SDN 001 Karimun atas nama Novia Alya Praziela, Harapan II utusan SDN 001 Kundur atas nama Dela Maysyara dan Harapan III utusan SDN 005 Meral Barat atas nama M.Ghazi Al Givari. Masing-masing pemenang memperoleh piagam dan uang pembinaan.

Editor: Gokli