Anambas Kekurangan Guru PNS 500 Orang
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 15-02-2018 | 12:38 WIB
angkat00.jpg honda-batam
Ilustrasi demo guru. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Tenaga pendidik di Kabupaten Kepulauan Anambas yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih kurang sekitar 500 orang. Saat ini, kekurangan itu ditutupi dengan tenaga pendidik status honorer.

Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kepulauan Anambas, berharap tahun ini Pemrintah Pusat merealisasikan kebijakan pengangkatan tenaga pendidik honorer menjadi CPNS. Sebaba, dari 1.298 orang yang ada saat ini, sekitar 502 orang sudah memenuhi kualifikasi untuk diangkat jadi CPNS.

"Kalau kebijakan itu bisa terealisasi akan sangat membantu pendidikan di Anambas ini. Dan, kita sangat berharap itu terealisasi," kata Kepala Bagian Umum dan Kepegawaian Disdikpora Anambas, Irman, Kamis (15/2/2018).

Ia menjelaskan, setiap tahun ada pegawai yang memasuki masa pensiun ditambah lagi dengan moratorium pegawai, sehingga lebih memberdayakan tenaga honorer. Bahkan ada juga honorer yang tamatan SMP maupun SMA diberdayakan sebagai tenaga pendidik.

"Kebutuhan guru berstatus PNS di tingkat SMP mencapai 206 orang, sementara guru yang ada saat ini hanya 108 orang. Sedangkat di tingkat SMP kita membutuhkan tenaga pendidik berstatus PNS berkisar 292 orang sementara yang ada hanya 260 orang. Kita berharap sangat kebijakan pengangkatan honorer itu segera direalisasikan," ungkapnya.

Editor: Gokli