Tempati Kantor Baru, Polres Anambas Gelar Syukuran dan Tepung Tawar
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 09-08-2018 | 14:28 WIB
tepuk-tepung-tawar11.jpg
Acara syukuran dan tepung tawar kantor baru Polres Anambas (Foto: Alfredy).

BATAMTODAY.COM, Anambas - Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Anambas gelar syukuran dan tepung tawar kantor baru. Tepung tawar sejatinya dalam adat melayu yakni tolak bala (berdoa untuk menjauhkan dari marabahaya atau bencana).

Pasalnya, mulai Kamis (9/8/2018) jajaran Polres Anambas telah menempati kantor baru yang berada di Pasir Peti, Desa Pesisir Timur, Kecamatan Siantan.

"Kami resmi berkantor di Anambas sejak 17 Desember 2016 lalu, dengan memanfaatkan ruko yang disewakan oleh Pemerintah Daerah. Artinya 1 tahun 8 bulan kami masih menumpang. Alhamdulillah, hari ini kami sudah bisa menempati kantor baru dan proses pembangunannya juga sudah rampung. Syukuran dan tepung tawar ini meruapak langkah awal sebelum peresmian. Untuk peresmian kami belum bisa pastikan, namun yang meresmikan nanti Pak Kapolda," ujar Kapolres Anambas, AKBP Junoto, Kamis (9/8/2018).

Junoto mengapresiasi dukungan semua elemen terkait pembangunan kantor tersebut. Dia berharap dengan adanya kantor baru, pelayanan Polres Anambas semakin meningkat.

"Tanpa dukungan masyarakat, kami tidak bisa berdiri di sini. Dan tanpa dukungan Pemda Anambas, kami tidak bisa berbuat apa-apa. Kami mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan semua pihak. Kami juga minta saran dan masukan masyarakat terkait pelayanan kami, sebab manusia tidak ada yang sempurna. Kami hanya bisa berupaya untuk lebih baik lagi," ucapnya.

Kapolres menyinggung, pada tahun 2018 pihaknya membangun 3 rumah susun yang terdiri dari 30 kamar untuk personil, 15 unit rumah dinas di Siantan, 10 unit di Palmatak, dan 4 unit di Jemaja.

"Sejatinya masing-masing kecamatan harus berdiri Kepolisian Sektor (Sektor), namun karena sesuatu hal, itu belum bisa terwujud. Mungkin kedepan kita akan memperkuat lokasi. Kami juga minta dukungan dari Pemda, karena dari Mabes Polri tidak ada land clearing dan lahan, yang ada hanya pembangunan dan sarana dan prasarana," harapnya seraya mengajak seluruh elemen untuk bersinergi membangun Anambas.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris dalam sambutannya mengakui bahwa pihaknya siap mendukung TNI/Polri untuk menjalankan pelayanan serta menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat.

"Kami khususnya dari Pemda siap mendukung pelayanan kepada masyarakat. Kami juga siap membantu apa yang bisa kami bantu. Mudah-mudahan dengan adanya kantor baru ini, kinerja Polri semakin efektif memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) yang juga mewakili tokoh masyarakat, Herdi Usman menguraikan, pos keplisian pertama berdiri di Anambas pada tahun 1960. Menurutnya, dalam dua tahun terakhir pelayanan keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat sudah meningkat.

"Dulu yang eksis selalu Polsek, namun sekarang Anambas sudah memiliki Polres. Kami berharap keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga. Kami juga berterimakasih, berdirinya TNI/Polri di Anambas untuk pengamanan, terimakasih kepada TNI/Polri yang mengabdi di daerah terluar dan perbatasan ini," harapnya.

Turut hadir dalam syukuran dan tepung tawar Danlanal Tarempa, Palaksa Lanal Tarempa, Perwira Penghubung Kodim Natuna di Anambas, Danramil Tarempa, Sekretaris Daerah, MUI, Pimpinan OPD, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres didampingi Bupati, Danlanal, Pabung Kodim Natuna, Sekda Anambas memberikan santunan kepada anak yatim.

Editor: Yudha