Gubernur Kepri Diminta Sediakan Tempat bagi Pengungsi Rohingya
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 06-09-2017 | 13:26 WIB
Save-Rohingya1.gif
Aksi damai Save Rohingya di Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ratusan massa dari berbagai elemen masyarakat menggelar aksi damai peduli Rohingya di Lapangan Pamedan, Jalan Ahmad Yani Tanjungpinang, Rabu (6/9/2017).

Aksi damai ini diikuti berbagai elemen masyarakat seperti organisasi masyarakat islam, ?perwa?kilan umat kristen, mahasiswa, pelajar, Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (Inti), Perhimpunan Tionghoa Indonesia, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), serta berbagai pengurus dari pengurus partai politik.

Sebelum menggelar aksi, seluruh elemen masyarakat ini melaksanakan doa istighosah untuk meminta perlindungan kepada Allah agar masyarakat Rohingyah dapat selalu dilindungi dan terjauh dari kerusuhan yang terjadi pada saat ini.

Dalam aksi damai ini tampak hadir Wakil Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul, Wakil Ketua DPRD Tanjungpinang Ade Angga, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Dalam orasinya Syahrul mengatakan supaya berharap aksi damai yang digelar pada hari ini dapat memotivasi seluruh masyarakat Tanjungpinang, agar dapat peduli kepada masyarakat Rohingya, untuk dapat meberikan perhatiannya dan memberika ulurangannya untuk membantu masyarakat Rohingya yang tertindas.

"Mari kita bersama-sama memberikan seiklhasnya sumbangsih untuk membantu saudara-saudara seiman kita. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dapat dilihat dan diridohi oleh Allah," ujar Syahrul.

Sementara itu Ustad Dedy Sanjaya menegaskan, pembantaian yang terjadi di Rohingya ini terjadi bukan semata-mata karena agama. Pada hari ini, aksi damai diikuti seluruh agama maupun etnis. Hal ini menandakan semua merasakan kepedihan yang dirasakan oleh muslim Rohingya.

Sementara itu, Suryadi yang merupakan tokoh muda masyarakat Islam Tanjungpinang dalam orasinya meminta Gubernur Kepulauan Riau untuk ikuti aksi damai, menunjukan kepedulian terhadapat masyarakat Rohingya yang tertindas saat ini.

"Kita minta kepada Gubernur untuk menyediakan lahan atau pulau bagi pengungsi Rohingya, supaya dapat meringankan beban mereka," katanya.

Selain melakukan aksi damai dan doa bersama sebagai wujud kepedulian masyarakat Tanjungpinang kepada warga Rohingya, seluruh masa yang ada disini juga menggalang aksi dana kepada masyarakat yang datang pada hari ini.

Editor: Yudha