Dua Sapi dan Dua Kambing Dikurbankan di Rutan Kelas I Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Jumat | 01-09-2017 | 11:18 WIB
kurban-00.gif
Warga binaan Rutan Kelas I Tanjungpinang menyembelih hewan kurban. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Warga Binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang turut merayakan kemeriahan Hari Raya Idul Adha yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijah, Jumat (1/9/2017).

Setelah menjalankan shalat Ied berjamaah di Lapangan Rutan Kelas I Tanjungpinang, mereka juga berkurban 4 hewan sumbangan Pemerintah Provinsi Kepri, Pemerintah Kota Tanjungpinang dan pegawai Rutan Tanjungpinang.

"Hari ini dari Rutan sendiri berkurban 4 ekor hewan, diantaranya 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing," ujar Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang, Rony Widyatmoko.

Menurutnya, hewan kurban itu akan diolah menjadi makanan untuk kebutuhan seluruh warga binaan Rutan dan jika nantinya daging-daging dari hewan kurban terlihat banyak, maka akan dibagi-bagikan kepada masyarakat sekitar Rutan Tanjungpinang.

"Daging ini nanti akan kita masak dan dimakan bersama, baik itu petugas maupun warga binaan," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, pada tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika pada tahun 2016 sebelumnya Rutan Tanjungpinang tidak mendapatkan hewan kurban, namun pada tahun ini pihaknya mendapat dua ekor sapi dari Gubernur Provinsi Kepri dan Wali Kota Tanjungpinang.

"Kita bersyukur mendapatkan hewan kurban, karena dengan begini warga binaan tidak kehilangan makna dalam Idul Adha serta dapat merayakannya di dalam Rutan Tanjungpinang," katanya.

Hari ini, Rutan tidak memberikan Waktu kunjungan kepada seluruh keluarga warga binaan karena hari libur. Jadwal kunjungan akan dibuka pada Sabtu.

"Sekedar diketahui, untuk penghuni Rutan pada saat ini sebanyak 361 warga binaan, baik itu laki-laki maupun perempuan," pungkasnya.

Editor: Gokli