Sebanyak 216 Jamaah Haji Kota Tanjungpinang Siap Berangkat ke Tanah Suci Mekkah
Oleh : Habibie Khasim
Rabu | 16-08-2017 | 19:38 WIB
Lis-lepas-JCH-Tanjungpinang.gif
Wali Kota Tanjungpinang, Lis darmansyah, saat melepas jamaah calon haji di Asrama Haji Tanjungpinang (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Setelah mendapat pembekalan Manasik Haji sejak 14 Agustus sampai 16 Agustus, sebanyak 216 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Tanjungpinang, siap diberangkatkan ke tanah suci Mekkah.

Bertempat di Aula Asrama Haji Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (16/8/2017), Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, resmi melepas 216 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Tanjungpinang yang akan menunaikan ibadah di tanah suci Mekkah. Pelepasan para calon haji ditandai dengan prosesi tepuk tepung tawar.

Jamaah Calon Haji Kota Tanjungpinang dijadwalkan berangkat ke tanah suci Mekkah pada 25 Agustus 2017 dengan kelompok terbang (kloter) 27, melalui embarkasi Batam. Sebelum keberangkatan, para calon haji akan dilepas oleh Wali Kota di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) pada 24 Agustus mendatang.

Lis Darmansyah dalam sambutannya berpesan kepada para calon haji agar selalu menjaga kesehatan menjelang keberangkatan ke tanah suci Mekkah. Agar dalam menjalankan ibadah di tanah suci Mekkah dapat dilaksanakan dengan sempurna.

"Selain menjaga kesehatan, para jemaah Tanjungpinang harus perkuat niat dan fokus ibadah. Selama di sana teruslah jaga kekompakan dan selalu koordinasi dengan ketua regu maupun pengurus, agar bapak/ibu dapat melaksanakan ibadah dengan sempurna dan tepat waktu," ujar Lis.

Selama berada di tanah suci, Lis meminta ketua regu selalu memastikan anggotanya aman dan terus berkumpul dalam melaksanakan ibadah, jangan sampai ada yang terpisah.

"Tetap menjaga kebersamaan, saling membantu antara satu sama lain, yang penting bapak/ibu harus menjaga lisan dan sikap selama di sana, perbanyak istighfar, karena akan banyak cobaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita selama melaksanakan ibadah haji," tutur Lis.

Wali Kota juga mendoakan semoga para calon haji dapat melaksanakan seluruh syari'at haji agar mendapatkan kesempurnaan ibadah haji dan menjadi haji mabrur.

Lis juga mengharapkan, semua tata tertib selama di negara orang juga dipatuhi oleh JCH asal Tanjungpinang. Hal ini agar dalam menjalankan ibadah dapat dilakukan dengan tertib dan sesuai dengan ajaran agama.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Muhammad Nasir, menjelaskan bahwa JCH asal Kota Tanjungpinang yang akan diberangkatkan sebanyak 216 orang, terdiri dari jamaah calon haji perempuan sebanyak 120 dan laki-laki 88 orang.

216 para calon haji ini berasal dari Kecamatan Tanjungpinang Timur sebanyak 92 orang, Kecamatan Tanjungpinang Barat 48 orang, Kecamatan Bukit Bestari 71 orang dan Kecamatan Tanjungpinang Kota sebanyak 5 jamaah.

Dijadwalkan, para calon haji akan masuk ke Asrama Haji Kota Batam pada 24 Agustus dan diberangkatkan menuju tanah suci pada 25 Agustus dengan kloter 27 melalui embarkasi Batam. Selama pelaksanaan ibadah haji, para calon haji didampingi petugas pendamping haji sebanyak lima orang dan satu orang petugas medis.

"Alhamdilillah, kondisi kesehatan jamaah calon haji dalam kondisi baik. Semoga jamaah kita berangkat dan pulang dari tanah suci dalam keadaan selamat dan menyandang gelar haji yang mabrur," ujarnya.

Editor: Udin