BMKG Ingatkan Pengguna Transportasi Laut di Kepri Waspadai Gelombang Tinggi
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 02-08-2017 | 09:38 WIB
laut-gelombang-00.gif
Ilustrasi gelombang tinggi di perairan Kepri.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Angin kencang disertai arus deras yang dapat menimbulkan gelombang tinggi perlu diwaspadai para pengguna transportasi laut di Kepri. Ini salah satu imbauan BMKG sesuai pengamatan cuaca pada Rabu (2/8/2017).

Data BMKG menyebutkan kawasan Tanjungpinang dan Bintan cenderung berawan dari pagi hingga sore. Namun tidak menutup kemungkinan pada siang hari akan terjadi hujan lokal dengan intensitas rendah.

"Perlu diwaspadai angin yang bertiup cukup kuat serta gelombang dan kecepatan arus laut yang cukup kuat di perairan Bintan dan Lingga," ujar prakirawan BMKG Tanjungpinang, Robby Akbat, Rabu.

Angin tambah Robby, akan bertiup dari arah Tenggara menuju Barat Daya dengan kecepatan 05-40 Kilometer/Jam, dengan kelembapan 25-32 persen.

Tinggi Gelombang di perairan Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas akan berkisar antara 0,5 - 2 Meter. Sedangkan di perairan Batam dan Tanjungpinang akan berkisar antara 0,2 - 1 meter.

BMKG juga mengingatkan, dengan cuaca panas disertai angin kencang yang terjadi di Bintan dan Tanjungpinang perlu diantisipasi potensi kebakaran terhadap lahan.

Editor: Gokli