Cerita Pilu Korban Kebakaran Rumah di Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 15-07-2017 | 10:27 WIB
saedah-01.gif
Sejumlah warga berusaha menenangkan Saedah (korban) yang meratap pilu melihat rumahnya habis terbakar. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Saedah (45), salah korban kebakaran rumah di Jalan Teladan, Lorong Gurindam, RT05/RW04 Kelurahan Kamboja, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Jumat (14/7/2017) sekitar pukul 21.00 WIB, terduduk lemas melihat puing-puing rumahnya yang habis dilalap si jago merah.

Saedah terlihat menangis meratapi kejadian yang menimpanya saat ini. Dirinya tak habis pikir kenapa bisa seperti ini. Saedah terlihat syok akibat kejadian ini. Kerabat Saedah yang datang ke tempat kejadian pada malam itu terlihat menenangkan dirinya.

Saedah berujar, awalnya pada hari itu, dirinya bersama keluarga sedang mengadakan syukuran di rumahnya. Usai syukuran, dirinya membereskan seluruh barang-barang di dapur.

"Selesai itu, saya duduk-duduk di depan televisi bersama anak-anak. Eh tiba-tiba tetangga sebelah berteriak api... api... api. Mendengar terikan itu saya dan anak saya langsung ke luar rumah," ujar Saedah terduduk lemas di pelantaran dekat rumahnya yang terbakar.

Ia mengaku tidak sempat untuk mengambil barang berharga miliknya yang berada di rumah, yang dia pikirkan hanya keselamatan anak-anaknya saja.

"Hanya pakaian yang menempel di badan saja saja dan anak-anak saya yang selamat. Bagaimana mau menyelamatkan yang lain, api sudah mebesar dan semua warga berhamburan ke luar," ucapnya.

Di tempat yang sama, Amang (70) yang menjadi korban dalam kejadian ini mengatakan dirinya pada saat itu sedang baring-baring di ruangan tamu, tiba-tiba cucunya datang dengan berlari untuk meberitahukan kejadian itu.

"Opahh... api.. api... api, kata cucu saya, dengan sigap saya dan istri berlari ke luar rumah," kata Amang pria paruh bayah ini dengan menggunakan baju yang kotor.

Amang mengaku tidak ada satupun barang berharga yang bisa diselamatkan selain baju yang melekat di badannya. Untungnya seluruh keluarganya selamat dari kejadian ini.

"Lihat saja ini rumah saya, tak ada yang tersisah kecuali baju yang melekat di badan," ?ucapnya saat melihat kondisi rumahnya yang sudah habis dilalap sijago merah.

Sebelumnya, amukan api yang melalap 15 rumah semi permanen di Jalan Teladan, Lorong Gurindam, RT05/RW04 Kelurahan Kamboja, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Jumat (14/7/2017) sekira pukul 21.00 WIB, diduga akibat korsleting arus listrik.

Kepala Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP) dan Pemadam Kota Tanjungpinang, H. Efenfi, menyampaikan, pihaknya belum mengetahui pasti penyebab kebakaran, namun ada dugaan akibat krosleting listrik.

"Seluruh titik api sudah berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.30 WIB," ujar dia, Jumat malam.

Editor: Gokli