Pemprov Kepri Bakal Kirim Inovator Unggulan Tingkat Nasional
Oleh : Ismail
Rabu | 12-07-2017 | 19:26 WIB
Kepala-DPMD-Dukcapil-Pemprov-Kepri,-Sardison-728x349.jpg
Kepala DPMD Dukcapil Pemprov Kepri, Sardison (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan mengirimkan para inventor dan inovator unggulan pada kompetesi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional yang diselenggarakan di Kota Palu, Sulawesi Tengah, September mendatang. Para inovator asal Kepri tersebut merupakan juara pada TTG tingkat Provinsi Kepri di Batam, 17-19 Mei 2017 lalu.

Kepala DPMD Dukcapil Pemprov Kepri, Sardison mengungkapkan, para nominator 1, 2 dan 3 yang menang pada TTG tingkat provinsi kemarin akan dikirim ke tingkat nasional yang rencana dibuka oleh Presiden RI pada September mendatang.

"Nominasi 1, 2 dan 3, kita bawa pada TTG tingkat Nasional di Palu, Sulawesi Tengah minggu ketiga," ujarnya saat ditemui, Rabu (12/7/2017).

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan TTG tingkat nasional nanti, ada peraturan baru yang bakal diterapkan. Aturan tersebut berupa, produk inovasi yang dilombakan adalah produk yang bermanfaat, diproduksi, dan dipasarkan di masyarakat. Untuk itu, pihaknya akan menyeleksi ulang para peserta yang menjadi perwakilan Kepri di tingkat nasional.

"Ada tiga nominator yang akan kita seleksi menjadi produk unggulan," kata Sardison.

Ia memaparkan, ketiga produk unggulan yang dilaga dalam kompetisi tersebut yakni, silent kompresor dari Tanjungpinang, Pompa air tanpa listrik Karimun dan rumah pengumpul bilis dari Natuna. Lalu, ada satu produk alternatif yang juga masuk dalam seleksi tersebut. Yaitu, lampu pemanas makanan dari Batam.

Sardison berharap, pada pelaksanaan TTG tingkat nasional nanti Kepri dapat memenangkan kompetisi tersebut.

Editor: Udin