Sowan ke Temkom Pusat

Diskominfo Kepri Gesa Provider Tingkatkan Pelayanan Daerah Terluar
Oleh : Ismail
Selasa | 04-07-2017 | 18:14 WIB
kadiskominfo-guntur1.gif
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kepri Guntur Sakti. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk mengatasi masalah jaringan komunikasi disejumlah wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kepri terus menggesa pihak provider agar meningkatkan pelayanan hingga daerah terpencil.

Hal tersebut merujuk pada banyaknya keluhan masyarakat yang bertempat tinggal di daerah terpencil dalam bidang jarinigan komunikasi.

Kepala Diskominfo, Guntur Sakti mengungkapkan, sejak beberapa bulan terakhir pihaknya intens mengadakan pertemuan dengan pihak Telkom dan sejumlah provider penyedia jaringan telekomunikasi lainnya. Guna membahas, lemahnya sarana telekomunikasi di kawasan terpencil Kepri. Seperti, Kabupaten Natuna, Lingga, Anambas, Karimun, termasuk Bintan.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Guntur, Diskominfo dan PT Telkom akan mengupdate kembali masalah kesenjangan telekomunikasi di mulai dari Kota Batam dan sekitarnya. Sehingga, jaringan yang ada bisa dirasakan sampai ke kawasan mainland dan hinterland.

"Jadi saat ini yang masih belum terjangkau alat komunikasi, tetap menjadi prioritas PT Telkom," ujar Guntur, Selasa (4/7/2017).

Kemudian, untuk Kabupaten Bintan, ia menambahkan, tahun ini di perkirakan infrastruktur jaringan fiber optik se pulau Bintan akan siap di bangun PT Telkom. Tapi, ada beberapa pulau di sekitar pulau Bintan, yang mengalami kendala untuk mendapatkan akses komunikasi, seperti Pulau Pinang di Kecamatan Tambelan.

Namun, upaya tersebut tak hanya sampai disitu saja, Guntur mengaku akan melakukan sowan bersama pihak PT Telkom Pusat guna mencarikan solusi agar wilayah yang belum dialiri kabel optik bisa tersentuh dengan jaringan telekomunikasi.

"Kita akan mencari trobosan baru, karena ada wiyalah kita di Bintan itu, sangat berdekatan dengan wilayah Provinsi Belitung, maupun jambi. Jadi istilahnya untuk mengatasi kesejangan itu nanti kita minta bantu telkom pusat mengatasinya," katanya.

Sementara untuk wilayah Karimun, pada tahun ini sudah mulai pemasangan kabel bawah laut. Lalu, untuk wilayah Natuna, akan dimanfaatkan jaringan fiber optik Telkom dan Palapa Ring wilayah Barat.

"Sementara sambil menunggu proyek sistim palapa ring ini siap, di Natuna dan Anambas itu PT Telkom berupaya akan memfasilitasi kawasan itu dengan sistim pemacar radio," beber Guntur.

Editor: Yudha