Berbekal 3 Ruangan, SMKN 5 Tanjungpinang Terima Siswa Baru
Oleh : Habibie Khasim
Senin | 03-07-2017 | 17:38 WIB
PSB-SMK-5-Tanjungpinang.gif
Penerimaan berkas untuk pendaftar di SMKN 5 Tanjungpinang (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2017/2018 di Tanjungpinang, untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dibuka di sekolah baru dengan konsep pelayaran.

Adalah SMK Negeri 5, yang terdapat di Kampung Madong, Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Tanjungpinang Kota. Dengan hanya berbekal 3 ruangan, Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau percaya diri membuka PPDB tahun ini.

Sekolah tersebut sebenarnya telah dibangun sejak tahun 2016. Pemerintah Kota Tanjungpinang yang telah memploting sekolah tersebut, akhirnya urung melakukan pembangunan lanjutan, karena wewenang telah beralih ke Pemerintah Provinsi. Alhasil, Disdik Kepri yang membuka sekolah tersebut.

Akan tetapi, hingga kini tidak ada sosialisasi resmi tentang sekolah tersebut. Bahkan, tempat pendaftaran menumpang di SMK Negeri 3 Tanjungpinang. Dan, panitia penerimaan siswa baru pun diambil dari SMK Negeri 3, sehingga panitia tidak dapat menerangkan secara lengkap tentang sekolah baru tersebut.

"Saya kebetulan hanya diminta untuk menjadi panitia, tapi mengajar di SMK Negeri 3. Untuk menerangkan ke calon siswa, ya saya hanya sesuai apa yang diberikan," tutur salah satu panitia yang enggan menyebutkan namanya, saat ditemui di SMK Negeri 3 Tanjungpinang, Senin (3/7/2017).

Menurut dia, di SMK Negeri 5 ini membuka 2 program keahlian, yaitu teknik kapal niaga dan nautika kapal niaga. Teknik kapal niaga menyiapkan taruna/ni untuk menjadi perwira mesin kapal niaga seperti Cargo, tanker, kapal passenger, kapal ikan, kapal suplay, kapal tugboat. Juga menyiapkan peserta didik menjadi masinis kapal (third-engineer, second engineer, first ngineer, chief engineers atau elektrician).

Sementara untuk nautika kapal niaga bertujuan menjadikan pelajar perwira kapal niaga atau nakhoda kapal.

Terkait antusiasme masyarakat bersekolah di sini, menurut panitia, di hari pertama pendaftaran baru sekitar 15 orang yang mendaftar.

"Hari ini ada 15 orang yang mengajukan lamaran. Kita akan buka dari tanggal 3 sampai 8 Juli, nantinya pengumuman akan dilakukan pada tanggal 10 Juli dan tanggal 11 sampai 13 Juli," jelasnya.

Mengenai sekolah tersebut, hingga saat ini belum ada keterangan dan penjelasan resmi dari Dinas Pendidikan.

Editor: Udin