Puncak Arus Balik Lebaran, Polsek KKP Tanjungpinang Cek Kelengkapan Pelayaran
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 01-07-2017 | 15:02 WIB
Polsek-KKP-Tpi1.gif
Polsek KKP Tanjungpinang melakukan pengecekan kelengkapan pelayaran. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Memasuki puncak arus balik lebaran 2017, Kepolisian Kaw?asan? Pelabuhan (KKP) Sribintan Pura (SBP) Tanjungpinang melakukan pengecekan seluruh pelayaran arus balik lebaran, Sabtu (1/7/2017).

 

Kapolsek KKP Tanjungpinang, Kompol Darmaw?an mengatakan, inspeksi tersebut dilakukan guna memastikan pelayanan maksimal kepada pemudik, baik itu keamanan dalam berlayar maupun kenyamanan yang diberikan pengelola fasilitas pelabuhan kepada penumpang.

"Hari ini merupakan puncak arus mudik. Kita ingin memastikan pelayaran dan pelayanan berjalan baik," ujar ?Darmaw?an.

?Menurutnya, kendala yang dihadapi di Pelabuhan SBP adalah karena belum difungsikannya fasilitas x-ray untuk mendeteksi barang bawaan penumpang. Selain itu pelabuhan juga masih dalam tahap renovasi.

"Mesin x-rey ada tetapi karena masih dalam renovasi belum kita gunakan,"katanya.

Kapolsek KKP ini tidak hanya mengecek kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Domestik SBP Tanjungpinang dan Internasional saja, tetapi peninjauan ini ?juga dilakukan di Pelabuhan Kuning Penyengat dan Pelabuhan penyebarangan di Pelantar dua.

"Pengecekan di Pelabuhan Kuning kita tegaskan untuk kepada tekong pompong untuk tidak mengngkut penumpang melebihi kapasitas dan harus menggunakan life jacket," tegasnya kepada tekong pompong penyengat.

Menurutnya karena, Kapolsek tidak mau hal yang sama terulang lagi, apalagi cuacanya kurang bersahabat, sepertinya mau mendung dan gelombang kuat. Cuaca ini seperti kejadian pompong yang tenggelam yang lalu yang meneskan belasan penumpang.

"Cuacanya kemarin seperti ini tiba-tiba mendung, kita tidak mau terulang kembali saya harap semuanya harus safety," katanya.

Selain itu, Kapolsek KKP juga melakukan peninjauan terhadap kapal pengangkut barang yang ada dipelabuhan Pelantar dua dengan menggunakan kapal patroli Sat Pol Air Polres Tanjungpinang. Seluruh perlengkapan Nahkoda dan Anak Buah Kapal(ABK) serta kelengkapan surat-surat berlayarpun di cek satu persatu.

Editor: Yudha