Selamat, Kafilah Tanjungpinang Juara Umum II di STQ Tingkat Provinsi
Oleh : Habibi Khasim
Rabu | 10-05-2017 | 10:26 WIB
TC-STQ-TPI-400x192.gif

Saat pembukaan training center (TC) bagi peserta, untuk seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke tingkat Provinsi Kepri tahun 2017, di Hotel Sunrise City Tanjungpinang (Foto: Dok Batamtoday.com)

 

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Para Kafilah Tanjungpinang berhasil meraih peringkat kedua juara umum Seleksi Tilawatil Quran (STQ) VII tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Kafilah Tanjungpinang mencengangkan publik Kota Batam yang menjadi tuan rumah, karena posisi mereka direbut oleh Kafilah dari Kota Gurindam.

 

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Kota Tanjungpinang, Bobby, dari hasil pengumuman panitia pada penutupan STQ Provinsi, Selasa (9/5/2017) malam, perolehan juara Kafilah Tanjungpinang membawa Kota Gurindam menjadi juara umum II. Sementara juara bertahan masih dipegang oleh Kabupaten Karimun, dan Juara III Kota Batam.

"Alhamdulillah, Tanjungpinang kembali mengukir prestasi, juara umum II pada STQ Provinsi Kepri ke-7 di Batam," tutur Bobby dalam pesan singkatnya.

Hal ini tentunya telah melampaui target yang dibuat oleh Pemko Tanjungpinang, yaitu mempertahankan gelar juara III yang sempat dipegang pada STQ tahun 2015. Ketua LPTQ Kota Tanjungpinang, Syahrul pun mengaku menargetkan juara umum III di STQ.

"Ini tentunya hasil kerja keras dan usaha kita bersama. Terutama para peserta kita yang telah berjuang. Apresiasi tidak dapat membalas kerja keras mereka. Saya sangat bangga, para peserta kita bisa mengharumkan nama Tanjungpinang dan menaikkan posisi kita dari peringkat tiga ke peringkat dua," tutur Syahrul, yang juga sebagai Wakil Wali Kota Tanjungpinang saat dihubungi, Rabu (10/5/2017).

Syahrul mengatakan, untuk mendapatkan juara tersebut, Pemko Tanjungpinang telah mengirim 16 orang peserta lomba. Diantaranya mengikuti cabang Tilawah golongan anak putra dan putri, Tilawah dewasa golongan putra dan putri, Hafis Alquran golongan 1 juss, 10 juz, 20 juz dan 30 juz serta Tafsir Bahasa Arab.

Masih kata Syahrul, Kota Tanjungpinang telah mengirimkan qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah serta mufassir dan mufassirah unggulan untuk mengikuti STQ Kepri. Ia pun sempat memprediksi bahwa semua peserta akan memboyong prestasi di setiap cabang yang diperlombakan.

"Semua peserta sudah menjalani pemusatan latihan (training centre) selama delapan hari. Jadi mereka sudah siap berlomba dan bersaing secara sengit di STQ Kepri. Dan Alhamdulillah, target tercapai, malah dapat bonus, naik ke peringkat dua " ujar Syahrul.

Editor: Gokli