Soal Bermasalah, 261 Siswa SMA Sederajat se Kepri UN Susulan
Oleh : Ismail
Rabu | 26-04-2017 | 17:39 WIB
UNBK-400x192.gif

Siswa yang mengikuti UNBK di Kepri (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/sederajat di Provinsi Kepuluan Riau beberapa waktu lalu, banyak menemui sejumlah masalah dari soal yang diujikan. Alhasil, sebanyak 261 siswa SMA/SMK harus mengikuti Ujian Nasional (UN) susulan.

"UN susulan sudah selesai dilaksanakan tanggal 18-19 April yang lalu," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kepri, Atmadinata, Rabu (26/4/2017).

Dari jumlah siswa yang mengikuti UN susulan tersebut, sebanyak 257 siswa dari SMK, sedangkan 4 sisanya dari SMA. Atmadinata menyebut, pada pelaksnaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK hari keempat dengan pelajaran kompetensi jurusan, terjadi kesalahan pada soal yang diujikan.

"Namun, tidak merata pada seluruh provinsi dan tidak pada semua SMK serta tidak pula pada seluruh jurusan dan tidak pada seluruh siswa," terangnya.

"Kalau yang SMA, alasannya karena mereka sakit," tambahnya lagi.

Atmadinata menambahkan, UN wajib diikuti siswa kelas XII tingkat SMA/SMK/sederajat untuk lulus. Meski tidak menjadi faktor utama penentu kelulusan, namun UN ditakar sebagai pemerataan pendidikan yang ditentukan oleh Kementerian Pendidikan.

"Jadi, kalau siswa tak dapat mengikuti UN harus didukung dengan alasan yang tepat. Seperti kalau sakit, harus disertakan surat keterangan dari dokter agar bisa diikutkan pada UN susulan," terangnya.

Kendati demikian, dirinya berharap dan optimis pada UN tahun ini, angka kelulusan di Provinsi Kepri mencapai 100 persen.

Editor: Udin