Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno Resmi Jabat Danlantamal IV Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Jum'at | 21-04-2017 | 11:26 WIB
salam-komando-01.gif

Danlantaman IV Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno salam komando bersama perwira TNI AL, TNI AD dan Polri, usai serah terima jabatan di Mako Lantamal IV. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jabatan Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang diserahterimakan dari Laksamana Pertama TNI S. Irawan kepada Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno.

Serah terima jabatan Danlantamal IV ini dipimpin Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat ( Pangarmambar) Laksamana Muda TNI Aan Kurniawan S. Sos di Lapangan Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Lantamal IV Tanjungpinang, Jumat (21/4/2017).

S. Irawan yang menjabat sebagai Danlantamal IV Tanjungpinang dari 1 Februari 2016 sampai 21 April 2017 selanjutnya akan menempati jabatan baru menjadi Kepala Dinas Pengamanan Angkatan Laut (Kadispamal).

Sedangkan Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno sebelumnya menjabat Kasubdis Binpuan Dispotmar Mabes TNI AL, setelah menyerahterimakan jabatan Danlanal Batam kepada Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo.

Dalam amanahnya Pangarmabar Aan Kurniawan mengatakan, keberadaan Lantamal IV sangat menentukan dalam tertibnya stabilitas keamanan laut. Adapun hal yang harus diwaspadai dan menjadi atensi adalah ilegal oil, ilegal fishing, human trafficking, ilegal mining dan ilegal entri yang sering terjadi di laut wilayah perairan Provinsi Kepri.

‎"Terkait kejahatan itu, maka perlu adanya kerja sama dengan instansi terkait untuk menindak tegas," ujar Aan Kurniawan

‎Selain itu, kejahatan lainnya yang tidak dapat ditoleransi dan harus ditindak tegas yang berdampak dapat merusak generasi penerus bangs yaitu peredaran narkoba yang semakin marak terjadi di Kepri.

‎"Masalah lain, pencurian benda-benda cagar budaya laut yang selama ini banyak dicuri orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri," ucapnya.

Maka dari itu, Aan Kurniawan berpesan kepada pemimpin yang baru Lantamal IV Tanjungpinang, supaya membina dan memimpin seluruh anggota dengan berkerja secara profesional dan proprsional serta mepahami perintah harian Pangarmabar sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, pertahanankan prestasi dan pertahanan operasi laut Lantamal IV ‎serta mencegah dan minimalkan semua bentuk pelanggaran di laut yang dapat merugikan negara.

"Tingkatkan setiap pelaksanan di setiap jajaran Lantamal IV demi tercapainya zero accident, bina moral mental prajurit untuk mewujudkan TNI-Al yang handal dan disegani serta berkelas dunia, serta bangun sinergitas sesama komponen TNI, Polri, intasnsi pemerintah maupun masyarakat di wilayah tugas," pungkasnya.

Sertijab Danlantal IV ini turut dihadiri oleh Kapolda Kepri, Danrem 033 Wira Pratama, Danlanud RHF, Gubernur Kepri dan seluruh jajaran OPD di Provinsi Kepulauan Riau.

Editor: Gokli