Lantunan Ayat-ayat Alquran Berkumandang di Rutan Kelas I Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 20-04-2017 | 12:07 WIB
kumandang-01.gif

Sebanyak 85 warga binaan Lapas Kelas I Tanjungpinang lantunkan ayat-ayat suci Alquran dalam kegiatan Khatam Alquran, Kamis (20/4/2017). (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lantuna ayat-ayat Alquran menggema di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang. Sedikitnya 85 orang warga binaan ‎mengikuti kegiatan Khatam Alquran serentak yang diadakan oleh seluruh Lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan Rutan se-Indonesia, Kamis(20/4/2017).

 

Kegiatan ini merupakan kegiatan dalam rangka untuk memeriahkan Hut Kemasyrakatan ke-53 yang akan diperingati di seluruh Indonesia, yang mengusung thema Nusantara Mengaji.

Kepala Rumah Tahanan Kelas I Tanjungpinang, Rony Widyatmoko ‎mengatakan 85 warga binaan beragama Islam mengikuti Khatam Alquran. Untuk mendukung acara itu, pegawai dan seluruh warga binaan diwajibakan memakai baju koko supaya memunculkan suasana religi.

‎"Dalam acara ini sebanyak 85 warga binaan baik itu perempuan maupun laki-laki ikut Khatam Alquran," ujar Rony.

Sasaran kegiatan itu, kata Rony menunjukan ke masyarakat bahwa lembaga pemasyarakatan memiliki kewajiban untuk membentuk mental seluruh warga binaan menjadi lebih baik.

"‎Secara kelembagaan kegiatan ini dapat membentuk mental mereka agar lebih baik lagi," katanya.

Selain itu, pihaknya juga ingin menunjukan kepada publik, yang selama ini menduga baik itu Lapas maupun Rutan sebagai sarang narkoba. Kegiatan itu, akan menepis semua dugaan yang bersifat negatif terhadap Lapas dan Ruatan.

Rony berharap kepada seluruh warga binaan agar menanamkan bagaimana melaksanakan kegiatan ini dengan iklhas untuk dirinya sendiri.

"Untuk di Kepri yang mengikuti kegiatan ini ada sebanyak 10 Lapas maupun Rutan dengan 687 warga binaa, sedangkan untuk seluruh Indonesia total 210 ribu warga binaan," paparnya

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Lapas dan Rutan se-Indonesia, yang dimuali pukul 09.00 WIB ‎dan diikuti sebanyak 500 ribu warga binaan. Namun pihak Rutan Kelas I Tanjungpinang memulainya setelah Sholat Duha dan tersambung secara telekonfrance dengan Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI.

Editor: Gokli