Meningkatkan Kesadaran Nasional

Gubernur akan Bawa 300 Pemuda Mengelilingi Wilayah Perbatasan
Oleh : Ismail
Selasa | 11-04-2017 | 15:14 WIB
Kadispora-kepri1.jpg

Mafrizon, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kepri. (Foto: Humas)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri akan membawa 300 Pemuda yang diseleksi dari Kabupaten/Kota untuk mengelilingi wilayah perbatasan Kepri. Agenda ini dijadwalkan akan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 17-21 Mei mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri, Mafrizon mengungkapkan , saat ini dirinya sedang berada di Jakarta untuk guna membahas agenda tersebut bersama pihak Angkatan Laut (AL). Dikatakannya, pelaksanaan agenda yang diberi tema "Kapal Pemuda Kepri" ini, pihak Pemprov Kepri akan bekerjasama dengan pihak Lantamal IV Tanjungpinang untuk berkeliling laut Kepri.

"Sekarang saya masih di Jakarta guna membahas pelaksanan agenda tersebut," jawabnya singkat saat dihubungi BATAMTODAY.COM, Selasa (11/4/2017).

Ia menjelaskan, sesuai dengan keinginan Gubernur, pemuda Kepri selaku generasi penerus bangsa, harus lebih serius meningkatkan kesadaran nasionalnya. Harus siap menjadi tulang punggung bangsa dengan kesadaran nasional yang kuat.

Untuk itu, Kepri yang 96 persen nya merupakan daerah laut, kata Mafrizon, penting bagi pemudanya menumbuhkan jiwa bahari yang kuay.

"Kekayaan bahari kita harus menjadi sumber mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera. Dan agenda ini diharapkan menjadi agenda rutin setiap tahunnya," ungkap Mafrizon.

Selain mengenalkan daerah perbatasan Kepri, para peserta yang ikut nanti juga akan diberikan materi tentang nasionalis, serta pengenalan wilayah Kepri oleh pihak Angkatan Laut selama perjalanan. Tak hanya itu, kegiatan yang memakan waktu selama lima hari ini juga dibarengi dengan peringatan Upacara Hari Kebangkitan Nasional yang rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Natuna.

"Rencananya, perjalanan itu menggunakan kapal perang berangkat dari dermaga Tanjunguban bersama Pak Gubernur. Perjalanan sampai Natuna, dan 20 Mei upacara Hari Kebangkitan Nasional (HKN) disana," terangnya.

Ia mengakui saat ini, pihaknya tengah menjaring ke 300 pemuda yang akan ikut berlayar nanti. Penjaringannya pun akan dibantu dengan pihak Lantamal IV Tanjungpinang.

"Ada persayaratan khusus untuk menjadi peserta Kapal Pemuda Kepri ini. Penjaringannya pun tak main-main," tutupnya.

Editor: Yudha