Antisipasi Pemadaman Saat UN, Ade Angga Minta PLN Sediakan Genset ke Sekolah
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 11-04-2017 | 09:02 WIB
ade-01.gif

Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang, Ade Angga. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang, Ade Angga, meminta Perusahaan Listrik Negara (PLN) menerapkan kembali apa yang dilakukan tahun lalu untuk mengantisipasi pemadaman listrik saat ujian nasional (UN) berlangsung pada April 2017 ini.

Untuk tahun lalu, PLN mensupport atau menyediakan genset ke sekolah-sekolah yang melakukan UN, sehingga ujian tidak terganggu jika PLN mengalami pemadaman.

"Jadi untuk mengantisipasi listrik padam disaat UN berlansung, PLN punya beberapa genset ksusus untuk sekolah. Harusnya, ini jadi perhatian, karena PLN yang tau jadwal pemadaman. Dan PLN juga harus tahu kalender penting Pemerintah, sehingga bisa cepat diantisipasi," tutur Ade Angga, Senin (10/4/2017).

Ade Angga mengatakan, DPRD Kota Tanjungpinang setiap tahunnya sebelum pelaksanaan UN sudah melakukan koordinasi ke pihak PLN guna mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik.

Ia mengatakan, tahun lalu Pihak PLN sendiri telah mengantisipasi dengan meletakkan beberapa mesin genset di titik-titik yang diperlukan, apabila terjadi pemadaman listrik disaat UN berlangsung.

"Itu sudah dilakukan tahun lalu, dan saya sendiri yang datang untuk meminta kepada pihak PLN," ucapnya.

Dari laporan pihak PLN, kata Ade, kemarin terjadi pemadaman listrik di Tanjungpinang disebabkan persoalan alam bahwa ada salah satu alat listrik tersambat petir.

"Meskipun demikian, setelah tahu permasalahan, PLN harusnya tanggap dengan kalender kegiatan pemerintahan. Langsung memberikan bantuan jika dibutuhkan. Jika tidak seperti itu, tentunya ujian akan terganggu," tutur Ade.

Untuk itu, mulai UN tingkat SMP nantinya, Ade mengharapkan, dilakukan pemadaman atau tidak, PLN dapat menyediakan genset.

"Kita khawatir dengan kejadian yang tiba-tiba, yang di mana pihak PLN juga tidak tahu bakal terjadi. Untuk mengantisipasi, UN SMP nanti kita harap PLN bisa sediakan genset disetiap sekolah," tutur Ade.

Editor: Gokli