Pelindo Kucurkan Dana Ratusan Miliar

Pelabuhan Sri Bintan Pura Akan Bertaraf Internasional
Oleh : Ismail
Jum'at | 24-02-2017 | 10:38 WIB
pelindo-101.gif

General Manager PT Pelindo I Tanjungpinang, I Wayan Wirawan. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo) Cabang Tanjungpinang menganggarkan dana ratusan miliar rupiah untuk mengembangkan fasilitas Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang menjadi pelabuhan bertaraf internasional, yang akan dilakukan secara bertahap.

"Pembangunan tahapan pertama akan dimulai pada tahun ini dengan anggaran Rp 43 miliar. Sedangkan tahapan kedua dan ketiga, kami anggarkan lagi sekitar Rp 80 miliar," ujar I Wayan Wirawan, General Manager (GM) Pelindo I Tanjungpinang usai bertemu Gubernur Kepri di Kantor Gubernur, Dompak, Kamis (24/2/2017) lalu.

Dalam pengembangan fasilitas tersebut, dikatakan Wayan, pada pembangunan tahap pertama pihaknya akan membongkar gedung yang ada saat ini, dan membangun kembali gedung baru dengan desain yang mengutamakan ciri khas melayu Kepri.

"Saat ini pembangunan tahap pertama sudah dimulai, dan ditargetkan akan selesai awal tahun depan," ungkapnya.

Lalu, pada pembangunan tahap kedua dan ketiga, lebih jauh dijelaskan Wayan, pihak Pelindo akan mengutamakan perluasan lapangan parkir dan peningkatan fasilitas lainnya. Demi meningkatkan kenyamanan masyarakat pengguna pelabuhan.

Ia menambahkan, untuk menggesa penyelesaian pembangunan fasilitas pelabuhan Sri Bintan Pura, pihak Pelindo sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kepri. Menurutnya, pembangunan tersebut mendapat sambutan baik dari Gubernur Kepri yang berkeinginan sarana Pelabuhan saat ini dijadikan juga sebagai sarana komersial yang bisa meningkatkan perekonomian.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov Kepri. Untuk Menyatukan program antara Pelindo dan Pemprov Kepri untuk menjadikan kawasan Pelabuhan sebagai sarana yang memiliki potensi bisnis," imbuh Wayan.

Ia berharap, dengan adanya dukungan dari Pemprov Kepri ini, pihaknya dapat menyelesaikan rencana pembangunan fasilitas Pelabuhan sesegera mungkin. Sehingga, bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna pelabuhan.

Editor: Gokli