Satlantas Polres Tanjungpinang Lakukan Pengalihan Jalan Terkait Unras Besok
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Kamis | 03-11-2016 | 18:38 WIB
Kasat-Lantas-TPI.gif

Kepala Satuan Lalu Lintas (Polres) Tanjungpinang, AKP Bobby Muhammad Zulfikar (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Satuan Lalulintas Polres Tanjungpinang akan melakukan rekayasa lalulintas (Pengalihan) di sekitar lapangan Pamedan, tempat aksi unjuk rasa (Unras) Front Pembela Islam (FPI) yang akan berlangsung pada hari Jumat (4/11/2016).

Di mana diperkirakan masa yang akan turun melakukan unjuk rasa serentak seluruh Indonesia ini, khususnya di Kota Tanjungpinang yang terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahyah Purnama atau yang sering disebut Ahok sebanyak 500 orang.

‎"Selama berlangsungnya Unras ini, ada beberapa titik yang kita akan alihkan, pengalihan ini disebut dengan rekayasa jalan yang berada disekitaran tempat pendemo berlangsung," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas (Polres) Tanjungpinang, AKP Bobby Muhammad Zulfikar saat ditemui di Mapolres Tanjungpinang, Kamis (3/11/2016).

Bobby menjelaskan, jalur-jalur jalan yang boleh dilalui oleh pengguna jalan, seperti bagi pengendara yang melewati Jalan Ahmad Yani akan dialihkan, antara lain dari Jalan Kilometer Delapan Atas yang akan menuju tempat pendemo akan dialihkan melalui Jalam Sidorejo atau tepatnya dibelakang Mapolres Tanjungpinang menuju jalan Seijang di Kilometer Empat Kota Tanjungpinang.

"Selanjutnya titik yang dialihkan seperti jalan Basuki Rahmad yang akan menuju tempat pendemo akan dialihkan ke Jalan Engku Putri, selanjutnya dialihkan lagi ke Jalan Perla dan dilanjutkan ke Jalan Kilometer 6," katanya.

Lebih lanjut Bobby menjelaskan, untuk personil yang akan diturunkan dalam mengatur jalannya lalulintas di titik yang akan dialihkan, sebanyak 25 personi Satlantas Polres Tanjungpinang.

"Jadi saya mengimbau kepada masyarakat Tanjungpinang untuk menaati peraturan lalulintas dan pengalihan jalan ini supaya ditaati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepolisian Resor (Polres) Tanjun‎gpinang kerahkan 300 personil dalam pengamanan aksi unjuk rasa Front Pembela Islam (FPI). Kapolres Tanjungping AKBP Joko Bintoro mengatakan, pihaknya telah siap  dalam pengamanan demontrasi besar memprotes Ahok, agar menjaga hal-hal yang tidak diinginkan dan serta tindakan yang bersifat anarkis.

Lebih lanjut Joko menjelaskan, dalam unjuk rasa ini diperkirakan akan berlangsung setelah selesai Salat Jumat dan terkait dengan tempat Unras tersebut, pihaknya masih memperkirakan akan berlangsung di Lapangan Pamedan.

Editor: Udin