Wujudkan Impian Anak Pulau Menuju Tanjungpinang Zero Narkoba

Kapolda Harapkan Peran Semua Pihak dalam Pemberantasan Narkoba
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 27-04-2016 | 20:49 WIB
deklarasi-anak-pulau.jpg

Deklarasikan Impian Anak Pulau Menuju Tanjungpinang Zero Narkoba (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Deklarasikan Impian Anak Pulau Menuju Tanjungpinang Zero Narkoba, Kapolda Kepri, Brgjen Pol Sambudi Gustian, menegaskan kegiatan ini menjadi momentum awal merajut asa melalui tekad bersama untuk menciptakan Tanjungpinang Provinsi Kepri dan Indonesia menuju zero narkoba yang merupakan mimpi bangsa Indonesia.

Menurut Kapolda, Kepri sebagai daerah perbatasan dan dekat dengan negara laut, menjadi jalur dan pintu masuk dalam peredaran narkoba serta menjadi provinsi ke-3 atas bahaya narkoba ini.

Hal yang sama katanya lagi, juga dikatakan Presiden RI, Joko Widodo, bahwa dalam situasi dan kondisi saat ini, ‎Negara Indonesia juga ditetapkan sebagai bahaya narkoba, sehingga tidak cukup dengan hanya pelaksanaan penindakanan dalam pemberantasan Narkoba saja.

Namun, selain upaya pencegahaan dan rehabilitasi, yang juga perlu dikedepankan adalah peran semua elemen masyarakat, sehingga narkoba tidak menjadi wabah yang akan menghancurkan generasi muda Indonesia ke depan.

"‎Dengan pelaksanan program nawacita, Impian Anak Pulau Menuju Tanjungpinang Zero Narkoba ini, yang bertepatan dicanangkan di Kota Tanjungpinang, maka kegiatan ini merupakan ide dari sebuah refleksi masyarakat dalam menciptakan masyarakat yang adil dan makmur," ujar Kapolda.

Kapolda juga mengatakan, Indonesia saat ini memiliki masalah dengan pengguna narkoba. Sehingga membutuhkan perhatian dari semua pihak, sebab dengan 5 juta pengguna narkoba aktif membutuhkan 5 juta gram narkoba dalam 1 bulan.

"‎Kepri sebagai pintu gerbang eksportir narkoba dari luar menjadi lokasi yang sangat riskan dalam peredaran narkoba. Oleh karena itu, dengan deklarasi Impian Anak Pulau Menjadikan Tanjungpinang Zero Narkoba ini, menjadi momentum dan kesempatan bagi semua pihak dalam berpartisipasi dalam pemberantasan narkoba mulai saat ini, di Tanjungpinang dan Provinsi Kepri," tegasnya.

Polri dan masyarakat akan terus melakukan pemberantasan dan menyatakan perang terhadap narkoba di Kepri, selain dalam pelaksanaan pegungkapan terhadap pelaku kejahatan narkoba, upaya prepentif dan pencegahan dengan melibatkan seluruh masyarakat, juga perlu dilakukan.

"Pelaksanaan deklarasi Impian Anak Pulau Menuju Tanjungpinang Zero Narkoba ini, merupakan niat, tekad dan iktikad yang luar biasa dari seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang dalam memberantas peredaran narkoba," sebut dia.

Kegiatan ini menjadi dedikasi dan kreasi aparat penegak hukum dan Polres Tanjungpinang bersama masyarakat dalam memberantas dan memerangi peredaran narkoba di Tanjungpinang. Hendaknya, dapat dicontoh oleh seluruh masyarakat lainnya di Kepri ini.

Keterlibatan semua pihak dalam memerangi dan memberantas narkoba harus dikedepankan dengan tekad serta kebersamaan semua pihak, dengan niat yang sama memberantas narkoba di Kota Tanjungpinang, Kepri dan Indonesia. Sebab, akan lebih ringan kalau semua bersatu padu serta berkampanye secara masif dalam  memerangi bahaya narkoba.

Maka, dengan program Impian Anak Pulau ini akan menjadi cara dalam pencegahan dan penindakan dan bukan hanya sosilisai, namun menjadi modal nyata terhadap anti narkoba yang dilakukan mulai saat ini.
Sehingga, dengan peran seluruh masyarakar sebagai mitra Polisi, pelaksanaan pemberantasan narkoba akan dapat ditekan.

"Sesuai dengan program Impian Anak Pulau, kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial saja, tetapi harus ditindak-lanjuti dengan pelaksanaan kegiatan dengan sejumlah program yang akan dilaksanakan. Semoga gerakan serta kegiatan ini akan menjadi investasi dalam meningkatkan dan menjaga generasi penerus bangsa dari pengaruh dan penjajahan narkoba, sehingga menjadi generasi yang tangguh di masa yang akan datang," ujarnya.

Gerakan Impian Anak Pulau menuju Tanjungpinang Bebas Narkoba ini, juga akan menjadi investasi dalam meningkatakan serta menjaga generasi Indonesia yang tangguh di masa yang akan datang.

"‎Program ini akan menjadi contoh pada daerah-daerah lainya di Kepri dan Indonesia dalam pelaksanaan pemberantasan narkoba. Bagi Pemuda dan Pemudi di Tanjungpinang, teruslah berkarya dan jauhi narkoba, dan jadilah generasi yang tangguh untuk mengisi pembangunan di kemudiaan hari," pungkasnya.

Editor: Udin