10 Tahanan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Positif Menggunakan Narkoba
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 18-04-2016 | 19:16 WIB
IMG_20160418_153055.jpg
Kepala BNNP Kepri, Ka Lapas Kelas II A Tanjungpinang dan Ditres Narkoba Polda Kepri gelar ekspose usai lakukan tes urin di Lapas kls II TPI (Foto: dok BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Polisi Daerah (Polda) Kepri bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri melakukan tes urin kepada 441 tahanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tanjungpinang, Senin (18/4/2016) Sore. Hasilnya sebanyak 10 tahanan positif menggunakan narkoba.

"Kepada tahanan yang positif menggunakan narkoba ini akan kami serahkan kepada pihak Lapas yang akan dilakukan pembinaan kepada yang bersangkutan," ujar ‎ AKBP Yerry Oskaq, Wadir Reserse Narkoba Polda Kepri ‎usai melakukan tes urine di Lapas Kelas II A Tanjungpinang.

Pengecekan tes urine dilakukan berdasarkan program Kapolda Kepri ‎yaitu operasi Bersinar. Selain melakukan pengecekan tes urine, pihak kami juga melakukan pemeriksaan razia.

"Dalam razia ini kami mengamankan alat isap bong, puluhan Handphone, senjata tajam, dan beberapa barang terlarang lainnya dari dalam sel tahanan maupun dari luar tahanan," katanya

Menurutnya, dengan adanya beberapa tahanan yang positif menggunakan narkoba, berarti ada indikasi untuk memakai barang terlarang ini dan tidak terlepas dari bagaimana cara masuknya peredaran narkoba ini, baik itu melalui tamu ataupun lainnya, berarti pihak Lapas harus lebih ketat lagi dalam melakukan pengawasan.

Kepala Lapas kelas II A Tanjungpinang, Djoko Pratito, mengatakan ini merupakan langkah awal untuk mencegah masuknya peredaran narkoba di Lapas ini.

"Pihak kami dalam melakukan tes urin ini sangat sulit dikarenakan jumlah dari pegawai kami sangat sedikit dan terbatas, tapi kami sangat mendukung dalam pemberantasan narkoba," tuturnya.
‎
Dalam  tes urin, yang disertai dengan razia gabungan di Lapas ini, dari pantauan lapangan terdapat  ratusan anggota ‎yang terdiri dari anggota BNNP Kepri , anggota Ditres Narkoba Polda dan angota Sat Narkoba Polres Tanjungpinang.

Editor: Udin