DP3 Tanjungpinang Salurkan Bantuan Sarpras Pertanian dan Perikanan
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 22-08-2023 | 16:04 WIB
Sarpras-Pertanian1.jpg
Peyerahan bantuan sarana dan prasarana produksi pertanian dan perikanan tahun 2023. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang menyalurkan bantuan sarana dan prasarana produksi Pertanian dan Perikanan tahun 2023 di Lapangan Terminal Sei Carang Bintan Centre, Selasa (22/8/2023).

Bantuan yang disalurkan berupa ayam kampung, tiga unit tangki air, cangkul, gerobak, cultivator (mesin traktor kecil), jaring paranet dan pompa Sprayer (alat semprot hama pada tumbuhan).

Kadis DP3 Kota Tanjungpinang Yoni Fadri menjelaskan untuk jumlah cangkul dan gerobak 66 buah, jaring paranet 20 gulung, pompa Sprayer 20 buah, cultivator 2 unit, ayam diberikan kepada dua kelompok masing-masing kelompok mendapat 180 ekor beserta pakannya.

"Untuk Budikamber (Budidaya ikan dalam ember) ada 6 kelompok, bioflok 4 kelompok. Budikamber masing-masing kelompok mendapat 5.000 ekor bibit lele serta 180 Kg pakan dan ember 80 liter, gelas plastik arang, selang benang dan benih kangkung," jelas Yoni.

Sedangkan untuk 4 Kelompok Bioflok, masing-masingnya mendapat 24 ribu ekor ikan lele beserta pakannya. Bantuan ini diberikan kepada kelompok tani binaan DP3 Kota Tanjungpinang.

"Ini kelompok binaan kita, terdiri dari kelompok tani, budidaya ikan, dan kelompok peternak," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Tanjungpinang Hj Rahma mengucapkan rasa syukur karena pada tahun kedua Pemerintah Kota Tanjungpinang terus memaksimalkan membantu, mendorong perekonomian petani, peternak dan budidaya ikan termasuk juga IKM dan UKM.

"Alhamdulillah ini merupakan tahun kedua Pemerintah Kota Tanjungpinang yang terus memaksimalkan membantu mendorong perekonomian seluruh petani, Perikanan, budidaya ikan termasuk juga seperti UKM dan IKM," ungkap Walikota Tanjungpinang Hj Rahma.

Dalam kesempatan ini Walikota Tanjungpinang Hj Rahma ucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh petani, budidaya ikan karena berkat mereka juga inflasi di Kota Tanjungpinang dalam keadaan baik bahkan cenderung menunjukkan angka trend yang membaik.

"Tentu ini merupakan prestasi kita semuanya, maka salah satu upaya saya selaku Kepala daerah bersama jajaran terus membenahi semua kelompok UKM, IKM, Nelayan dan semua pelaku usaha kita lakukan perubahan yang masif," pungkasnya.

Editor: Yudha