Walikota Tanjungpinang Buka Bazar Ramadhan UMKM di Wilayah Kelurahan Air Raja
Oleh : Devi Handiani
Sabtu | 25-03-2023 | 08:04 WIB
A-WAKO-PINANG-BAZAR_jpg2.jpg
Walikota Tanjungpinang Hj Rahma saat membuka kegiatan bazar Ramadhan di wilayah Kelurahan Air Raja. (Foto: Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Walikota Tanjungpinang Hj Rahma membuka kegiatan bazar Ramadhan di wilayah Kelurahan Air Raja di Jalan DI Panjaitan Pertokoan sekitar Richesee Factory, Tanjungpinang, Jumat (24/3/2023).

Dalam bazar Ramadhan kali ini banyak stand yang tersedia untuk pelaku UKM/IKM berjualan berbagai macam jenis makanan dan minuman menu buka puasa.

Hj Rahma mengatakan, hari ini Ramadhan yang kedua tepatnya di wilayah Kelurahan Air Raja yaitu peresmian bazar Ramadhan yang di inisiasi Kelurahan dan Karang Taruna.

"Alhamdulillah jumlah IKM dan UKM hampir seratus usaha, karena tendanya terdiri dari dua usaha pelaku UKM dan IKM. Tentu ini kita harus konsisten bersama dengan bahu membahu untuk bangkit dan memperkuat pertumbuhan UKM dan IKM di Kota Tanjungpinang," ujar Walikota Tanjungpinang.

Hj Rahma menjelaskan, tentunya Pemko Tanjungpinang tidak hanya diam saja melainkan harus peduli dari semua lini dari hulu ke hilir baik itu bentuk pelatihan, dorongan dan penguatan hingga peralatan usaha selalu disupport.

Dengan upaya bisa menyupport dan menjadi kekuatan dalam memulihkan ekonomi pasca pandemic Covid-19. Selain itu Walikota Tanjungpinang juga menghimbau kepada seluruh pelaku usaha UKM dan IKM harus memiliki sertifikat halal.

"Sesuai yang disampaikan Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama bahwa tahun 2024 seluruh usaha UKM dan IKM harus bersertifikat halal dan tidak ada lagi yang tidak memiliki sertifikat halal. Maka kesempatan ini segera diambil karena ini gratis tidak dipungut biaya," lanjut Rahma.

Pemko Tanjungpinang masih akan terus melakukan pendekatan UKM dan IKM dengan Jemput Bola bagi yang tidak bersertifikat pihaknya sudah melakukan dengan gratis.

"Tahun ini kita juga mensertifikatkan sejumlah 200-an lebih yang sudah kami persiapkan, mudah-mudahan ini bisa sukses," pungkasnya

Editor: Dardani