Walikota Tanjungpnang Hadiri Harlah ke-3 Sanggar Seni Putra Bhirawa
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 26-05-2022 | 12:36 WIB
A-HARLAH-PUTRA-BIRAWA.jpg
Walikota Tanjungpnang, Hj. Rahma saat menghadiri Harlah ke-3 Sanggar Seni Putra Bhirawa. (Foto: Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM , Tanjungpinang - Warga Tanjungpinang berbondong-bondong menyaksikan kesenian jaranan dan barongan Putra Bhirawa di halaman Terminal Sei Carang Bintan Center, Rabu (25/5/2022) malam.

Pergelaran kesenian Jawa ini dalam rangka tasyakuran hari lahir ke-3 berdirinya Kesenian Putra Bhirawa. Dalam dua tahun terakhir kesenian ini sempat vakum akibat pandemi Covid-19 dan pada malam ini dapat terlaksana kembali.

Sesepuh dan pendiri Sanggar Seni Putra Bhirawa, Winarno mengatakan, dalam rangka malam tasyakuran sanggar seni Putra Bhirawa ke3 ini, mengangkat tema 'Golek Konco Golek Bolo', 31 Maret 2019. Seiring waktu berdirinya sanggar ini sudah eksis di tengah masyarakat, kesenian jaranan ini berbasis dari Jawa Timur.

"Memasuki tahun 2021 kondisi kita dilanda pandemi Covid-19, oleh karena itu sanggar seni kita dirikan untuk memberikan wadah kepada generasi muda dalam berkreasi kesenian," ujar Winarno.

Ditambahkannya, seni memiliki etika dalam kepribadian kita, kami harapkan adanya kesenian dapat diterima oleh masyarakat, kami sadar berdirinya kesenian ini dengan kaki sendiri.

"Untuk itu kami berharap keikutsertaan dan diperhatikan oleh dinas pariwisata dan dukungan masyarakat dalam meningkatkan kesenian Putra Bhirawa," tambah Winarno.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, Hj Rahma yang hadir mengungkapkan rasa syukur harlah kesenian Putra Bhirawa dapat terlaksana kembali namun Protokol Kesehatan tetap dilakukan.

"Alhamdulillah pada malam hari ini kita bisa berkumpul walaupun dalam dua terakhir kita sempat vakum. Namun begitu saya berpesan tetap selalu menggunakan masker mengingat pandemic belum berakhir hingga saat ini," ujar Hj Rahma.

Mudah mudahan, lanjut Hj Rahma, kegiatan malam ini Allah SWT memberikan kesehatan dan keridhaan kepada kita semua. Saya ucapkan selamat ulang tahun yang ke tiga kepada Putra Bhirawa mari sama sama kita jemput perubahan yang selama ini ekonomi kita anjlok. Maka dengan dengan adanya kegiatan ini ekonomi kembali bangkit.

Editor: Dardani