Basarnas Tanjungpinang Berhasil Evakuasi Belasan Penumpang Kapal Pompong Penyengat
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Sabtu | 07-05-2022 | 08:36 WIB
basarnas-tpi2.jpg
Belasan penumpang kapal pompong penyengat berhasil dievakuasi dengan selamat. (Putra/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang berhasil melakukan evakuasi terhadap 17 penumpang kapal pompong Pulau Penyengat yang hampir tenggelam.

Ketua Tim Rescue Tanjungpinang, Yones Hermanto mangatakan bahwa kejadian ini berawal ketika pihaknya sedang melaksanakan siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2022/1443 H menggunakan RIB (Rigit Inflatable Boat).

Melihat adanya salah satu kapal pompong yang mengalami mati mesin, maka saat itu pihaknya langsung mendatangi lokasi kapal dan melakukan evakuasi terhadap 17 orang, diantaranya 1 orang pengemudi, 1 orang pembantu pengemudi, hingga 15 orang wisatawan.

"Berdasarkan keterangan dari salah satu korban bahwa kapal kayu atau pompong yang mereka gunakan hendak menuju pelabuhan Tanjungpinang. Dalam perjalanan di tengah laut kapal kayu atau pompong tersebut mengalami mati mesin dan dijumpai terdapat rembasan air yang masuk ke kapal sehingga rescue BASARNAS Tanjungpinang dengan sigap mengevakuasi kami menuju Pelabuhan Tanjungpinang dengan keadaan selamat," kata Yones, Jumat (6/5/2022).

Ketua Tim Rescue Tanjungpinang Yones Hermanto juga menambahkan bahwasannya ini adalah salah satu tugas dan tanggung jawab bersama, khususnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang bahwa BASARNAS hadir di tengah-tengah masyarakat.

"Agar selalu berupaya untuk membantu masyarakat yang sedang membutuhkan khusunya bagi angkutan laut objek wisata dan antar pulau lainnya" tutupnya.

Editor: Yudha