Seluruh Penumpang Selamat

Mati Mesin di Tengah Laut, Pompong Wisatawan Pulau Penyengat Hampir Tenggelam
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 06-05-2022 | 18:06 WIB
evakuasi-17.jpg
Basarnas Tanjungpinang saat mengevakuasi penumpang kapal pompong yang mati mesin saat berlayar dari Pulau Penyengat menuju Pelabuhan Tanjungpinang, Jumat (6/5/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Satu unit kapal pompong yang mengangkut wisatawan dari Pulau Penyengat menuju Pelabuhan Tanjungpinang mengalami mati mesin di tengah laut, Jumat (6/5/2022).

Kapal kayu dan seluruh penumpang berhasil dievakuasi petugas Basarnas Tanjungpinang, dengan rincian 15 orang wisatawan dan 2 orang crew kapal, dalam keadaan selamat.

Berdasarkan keterangan dari salah satu korban, kapal kayu/pompong yang mereka gunakan menuju Pelabuhan Tanjungpinang dalam perjalanan di tengah laut mengalami mati mesin dan terdapat rembasan air yang masuk ke kapal.

"Beruntung, Rescue Basarnas Tanjungpinang dengan sigap mengevakuasi kami menuju Pelabuhan Tanjungpinang dengan keadaan selamat," ungkapnya.

Kepala Basarnas Tanjungpinang, Slamet Riyadi membenarkan hal tersebut. Di mana, pompong yang beraktivitas tambang (mengangkut penumpang) tujuan Pulau Penyengat-Pelabuhan Tanjungpinang, dalam perjalanan tiba-tiba mengalami mati mesin sehingga pompong/kapal kayu terombang-ambing di laut.

"Sekitar pukul 11.45 WIB, sebanyak 4 orang Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang yang sedang melaksanakan siaga SAR khusus Angkutan Lebaran Tahun 2022/1443 H menggunakan RIB (Rigit Inflatable Boat) telah berhasil mengevakuasi sebanyak 15 orang wisatawan dan 2 orang pemilik perahu Pulau Penyengat dalam keadaan selamat menuju Pelabuhan Wisata Tanjungpinang dikarenakan kapal kayu/pompong yang mereka gunakan mengalami mati mesin dan terdapat rembasan air yang masuk ke dalam kapal kayu/pompong," bebernya.

Ketua Tim Rescue Tanjungpinang, Yones Hermanto menambahkan, penyelamatan adalah salah satu tugas dan tanggung jawab bersama khususnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang.

"Bahwa Basarnas hadir di tengah tengah masyarakat agar selalu berupaya untuk membantu masyarakat yang sedang membutuhkan khusunya bagi angkutan laut objek wisata dan antar pulau lainnya," ungkapnya.

Editor: Gokli