Ketersediaan dan Stabilitas Harga Pangan Sambut Ramadhan Jadi Perhatian Pemko Tanjungpinang
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 16-03-2022 | 15:48 WIB
wawako-tpi11.jpg
Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Wali Kota Tanjungpinang Endang Abdullah mengatakan Pemko Tanjungpinang telah melakukan berbagai persiapan untuk menjamin ketersediaan pangan masyarakat menjelang bulan suci Ramadhan.

Langkah antisipasi itu telah dibahas dalam rapat koordinasi bersama Forkopimda dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, yang juga dihadiri Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Eko Sumbaryadi, di Hotel Aston Tanjungpinang, Selasa (15/3/2022)

"Hal ini, menjadi perhatian serius dari Pemko bersama Forkopimda, untuk menjamin ketersediaan pangan masyarakat aman dan harga tetap stabil saat menyambut Ramadan nanti," kata Endang.

Selain itu, lanjut Endang, nantinya Pemko bersama Satgas Pangan akan melakukan pengawasan untuk memastikan kebutuhan pokok tetap tersedia dan perkembangan harga tetap stabil.

"Ini untuk mengetahui ketersediaan maupun perkembangan harga kebutuhan pokok di pasar dan swalayan saat menghadapi Ramadhan," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Eko Sumbaryadi mengapresiasi OPD terkait yang sudah menyelenggarakan rapat koordinasi tersebut.

Menurutnya, upaya untuk mengendalikan stabilisasi harga dan ketersediaan pasokan bahan pangan tersebut merupakan tanggung jawab pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di Provinsi Kepri.

"Kegiatan ini sangat penting sekali, karena kita harap jangan sampai harga atau persediaan bahan pangan menjadi masalah menjelang Ramadan dan Idulfitri," ujarnya.

Ia pun berharap, setelah rakor ini selesai maka tidak ada terjadi kenaikan harga atau kurangnya persediaan bahan pangan di Kepri. "Semoga sampai lebaran Idulfitri nanti harganya sangat terjangkau oleh masyarakat," pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepri, Aries Fhariandi, mengatakan, pada rakor ini pihaknya juga mengundang Kepala Bank Indonesia Kepri, Musni Hardi K Atmaja, Kepala BPS Kepri Darwis Sitorus, serta unsur polisi dari Polda Kepri sebagai narasumber.

"Untuk peserta kami juga mengundang, produsen, asosiasi pedagang pasar, pedagang ritel dan lain sebagainya," terangnya.

Menurutnya, pada rakor ini, nantinya akan membicarakan bagaimana langkah-langkah pengendalian inflasi terutama menjelang bulan suci ramadan dan idulfitri mendatang. "Tentunya di rakor ini kita akan saling bersinergi dan sesama mencari solusi," tandasnya.

Editor: Yudha