Zapin Penyengat Festival 2022 Diikuti 72 Peserta dari Pelajar Hingga Masyarakat Umum
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 04-02-2022 | 13:32 WIB
zapin-penyengat1.jpg
Zapin Penyengat Festival 2022. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lantamal IV Tanjungpinang mengadakan Zapin Penyengat Festival selama dua hari mulai tanggal 04 - 05 Februari 2022 yang diikuti pelajar SD, SMP dan Umum, dengan jumlah peserta sebanyak 72 orang.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Laksda TNI Muhammad Ali menyambut baik kegiatan ini salah satu upaya melestarikan budaya di wilayah Kota Tanjungpinang, khususnya Pulau Penyengat.

"Tarian Zapin ini cukup terkenal dan sudah go internasional dimana tidak hanya di Indonesia melainkan di Brunei Darussalam, Malaysia terutama satu rumpun sudah mulai dikenal dan ini sangat bagus sekali untuk dikembangkan terus, " ujar Pangkogabwilhan I, Jumat (4/1/2022).

Hal senada juga disampaikan oleh Danlantamal IV, Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan menyebutkan SD sebagaimana yang disampaikan oleh Pangkogabwilhan bahwa Lantamal IV ikut bertanggungjawab terkait peningkatan kebudayaan daerah salah satunya Zapin Penyengat sebagai budaya asli Melayu.

"Kegiatan ini sudah mulai berjalan hanya kali ini kita buat lebih semarak lagi mudah mudahan bisa go internasional seperti yang di sampaikan oleh Pangkogabwilhan kedepannya kita bisa undang juga yang serumpun," jelas Danlantamal IV.

Sementara itu Pj Sekdaprov Kepri, Drs Eko Sumbaryadi mengatakan kegiatan ini sangat bagus dan luar biasa serta dapat sambutan yang baik dari anak-anak pelajar.

"Mudah-mudahan ini suatu budaya yang terus berkesinambungan pulau penyengat sebagai asal tari Zapin Penyengat ini sehingga dapat dikenal oleh mancanegara dan bagian dari unsur wisata kita. Insyaallah kita akan kembangkan dimasukkan dalam kalender pariwisata Provinsi Kepri," pungkasnya.

Editor: Yudha