Permudah Layanan Masyarakat, Kantor Imigrasi Tanjungpinang Resmikan E-paspor dan Sibolang
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 27-01-2022 | 14:24 WIB
launching-E-paspor-tpi1.jpg
Acara launcing E-paspor dan Sibolang Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-72, Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang mengadakan acara syukuran sekaligus launching paspor elektronik (E-passport) dan Imigrasi Ambil Paspor Langsung Pulang (Sibolang), Kamis ( 27/1/2022).

Kegiatan tersebut diawali dengan syukuran secara virtual bersama Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI, Yasonna Laoly dengan menampilkan lagu dan tarian daerah serta penayangan video program tahun 2021 dan tahun 2022 berkaitan dengan persiapan launching aplikasi/simulasi.

Selain itu Menkumham juga menyapa serta berdialog dengan Kantor Imigrasi Kelas II Nunukan dan Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang. Tema yang diangkat 'Bangkitnya Pelayanan Revitalisasi Penegakan Hukum dan Keamanan Untuk Negeri'.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Khairul Mirza menerangkan Sibolang adalah sebuah inovasi terbaru kepada masyarakat sehingga pemohon paspor tidak perlu turun dari kendaraan atau mengantri lagi.

"Ini baru pertama kita launching hari ini, saya juga melihat antusias dan masukan dari masyarakat pada saat kami melakukan perubahan. Dalam masa pandemik saat ini untuk pemohon paspor sekitar 15-25 orang," ujar Mirza.

Sementara itu, Pj Sekdaprov Kepri, Drs Eko Sumbaryadi mengungkapkan pelayanan Sibolang sangat luar biasa dan merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh Imigrasi Kelas I Tanjungpinang.

"Dengan adanya Sibolang ini kita sebagai masyarakat merasa sangat terbantu karena banyak kemudahan yang diperoleh. Dalam pengambilan paspor tidak perlu turun dari kendaraan hanya cukup menunjukkan bukti bahwa kita telah mengurus Paspor dengan di atas kendaraan," ujar Eko.

Eko berharap masyarakat tidak perlu ragu lagi atau bersusah payah dalam mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang dan ke depannya ada inovasi terbaru lagi dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

"Harapan kita kepada Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, akan ada inovasi lain agar bisa memberikan kenyamanan kepengurusan apapun di Kantor Imigrasi," terangnya.

Editor: Yudha