Diskominfo Kepri Berikan Anugerah Diseminasi Informasi
Oleh : Redaksi
Kamis | 28-10-2021 | 19:00 WIB
diseminasi-informasi.jpg
Penyerahan Anugerah Diseminasi Informasi Secara Tradisional Melalui Media Sosial di Studio Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kepri, Kamis (28/10/2021). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kepulauan Riau memberikan penghargaan kepada kelompok masyarakat pegiat media sosial dalam Anugerah Diseminasi Informasi Secara Tradisional Melalui Media Sosial digelar di Studio Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kepri, Jalan Basuki Rahmat, Kamis (28/10/2021) siang.

Penerima penghargaan adalah personal di dalam kelompok masyarakat yang sebelumnya telah menyertakan karyanya dalam perlombaan yang diadakan Diskominfo Kepri melalui Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik pada 16 April - 17 Oktober 2021.

Karya yang diperlombakan berupa video atau V-log dengan tema 'Kepri Pulihkan Perekonomian Lewat Vaksinasi Covid-19'. "Karya yang disertakan diunggah di media sosial Instagram. Penilaian berdasarkan jumlah like terbanyak," kata Zulhendri, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kepri.

Penerima anugerah masing-masing pemilik akun IG @dikayosune sebagai juara I. V-log berjudul "Vaksin Covid-19 song!" dilihat 16.200 viewer dan disukai 4.011 orang.

Juara kedua @wynandhika.s. V-log berjudul "Vaksin untuk kita dan Indonesia!" ditonton 3.722 viewer dan disukai 442 orang.

Dan untuk juara ketiga adalah pemilik akun @windawardhani91. V-log berjudul "Susah yee kalau ngeluh terus tapi ga ada action!" yang diunggahnya ditonton 245 viewer dan disukali 58 orang.

Kadis Kominfo Kepri Zulhendri mengatakan, saat ini internet semakin berperan penting dalam kehidupan sosial, ekonomi dan politik di dunia global. "Setiap tahun internet semakin dalam memengaruhi kehidupan umat manusia. Tak dapat disangkal teknologi ini telah merubah peradaban dunia dengan cepat. Penyebaran informasi melalui internet utamanya di media sosial menjadi yang paling mudah, cepat dengan sasaran yang lebih luas," papar Zulhendri.

Indikantornya kata dia dapat dilihat dari survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Pada awal 2021 ini, pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa, meningkat 15,5% atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu.

"Jika dibanding total jumlah penduduk Indonesia sebanyak 274,9 juta jiwa penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7%," terang Zulhendri.

Sama halnya dengan Provinsi Kepri. Zulhendri menyatakan, pengguna internet di Kepri terus mengalami peningkatan.

Dari total penduduk Kepri 2,2 juta jiwa, lebih dari 1,9 juta atau 87% dari telah menggunakan internet. "Berdasarkan hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri berinisiasi menyelenggarakan diseminasi informasi melalui media tradisional berupa lomba Video atau V-log," pungkas Hendri.

Diseminasi Informasi adalah penyebaran informasi secara timbal balik dari pemerintah pusat/daerah baik diminta ataupun tidak, yang dilakukan melalui media massa atau media sosial serta media komunikasi/lembaga-lembaga komunikasi lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, James Simon Pattikawa, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik menjelaskan jjika tujuan diadakannya kegiatan ini di antaranya adalah memanfaatkan lomba di media sosial sebagai ajang perluasan informasi yang efektif dan efisian, serta memberdayakan masyarakat Kepri dalam memperluas akses informasi.

"Tentunya kami berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan," tutupnya.

Editor: Gokli