Demam Usai Divaksin AstraZeneca, Kadinkes Tanjungpinang: Itu Reaksi Biasa, Tak Masalah
Oleh : Redaksi
Rabu | 07-04-2021 | 17:12 WIB
disuntik-demam.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sejumlah warga di Kota Tanjungpinang merasakan demam selama beberapa jam setelah disuntik Vaksin AstraZeneca untuk mencegah penularan Covid-19.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Nugraheni mengatakan, banyak warga yang mengeluhkan demam setelah disuntik Vaksin AstraZeneca.

Menurut dia, demam merupakan reaksi dari tubuh, yang semestinya tidak mengakibatkan muncul penyakit lainnya. Demam disebabkan reaksi dari imun tubuh menerima vaksin tersebut.

"Semestinya itu tidak apa-apa, hanya demam biasa selama beberapa jam, dan kemudian sembuh atau normal kembali," ujarnya, Selasa (6/4/2021) seperti dikutip laman Diskominfo Kepri.

Nugraheni mengatakan banyak warga juga yang tidak mengalami reaksi seperti demam setelah disuntik vaksin tersebut. "Artinya, reaksi tubuh berbeda-beda. Sejauh ini, dari pengalaman kami selama ini, tidak ada masalah," ucapnya.

Ia mengatakan warga yang disuntik Vaksin Sinovac kebanyakan hanya mengalami ngantuk dan lapar. Ada juga warga yang tidak mengalami reaksi apapun setelah disuntik vaksin tersebut.

"Namun saya mengalami demam beberapa jam setelah disuntik Vaksin Sinovac," katanya.

Editor: Gokli