Rumah Tangga di Tanjungpinang Dijatah Sebulan 5 Tabung Gas
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 12-10-2020 | 19:45 WIB
antre-gas.jpg
Warga Tanjungpinang saat antre gas 3 Kg. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kartu kendali tabung gas subsidi 3 Kg di Tanjungpinang, sudah mencapai 80 persen. Untuk satu rumah tangga, dijatahu 5 tabung gas, selama sebulan.

"Progres kartu kendali sudah mencapai 80 persen, target kita tahun ini sudah bisa dilaunching," ujar Kepalan Bagian Ekonomi Pemko Tanjungpinang, Nopirman Syahputra, Senin (12/10/2020).

Awalnya, kata Nopirman, kartu kendali ini akan di louncing pada Hut Kota Otonom, namun karen terbentur pandemi Covid-19 ada beberapa teknis yang terjadi. Sehingga akan ada rencana, pengaturan ulang lonching kartu kendali ini.

"Terkait hal ini, juga sudah di rapatkan dengan pihak Pertamina, pewako sudah di susun. Tinggal pengesahannya saja yang belum," kata dia.

Pemko Tanjungpinang juga sudah membatasi kuota pembelian, untuk pemilik kartu kendali. Yakni untuk rumah tangga sasaran, dalam sebulan dapat membeli 5 tabung gas. "Sedangkan usaha mikro dalam sehari hanya dapat membeli, 2 tabung gas," tuturnya.

Lahkah ini, dipicu dari kelangkaan gas 3 Kg subsidi beberapa bulan lalu. Sehingga mengharuskan Pemko Tanjungpinang untuk segera mengeluarkan kartu kendali, yang sebenarnya sudah menjadi program sebelum adanya kelangkaan.

Editor: Gokli