Satu Warga Tanjungpinang Kembali Terkonfirmasi Positif Covid-19
Oleh : Asyari
Sabtu | 11-07-2020 | 18:04 WIB
rahma-konfres.jpg
Plt Wali Kota Tanjungpinang, Rahma. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pasca SU terkonfirmasi positif Covid-19, hari ini satu lagi warga Tanjungpinang, kembali dinyatakan positif terinfeksi virus corona, setelah hasil pemeriksaan swab dengan metode PCR keluar.

Pasien positif tersebut merupakan kasus nomor 29 di Kota Tanjungpinang. Hal tersebut disampaikan Plt Wali Kota Tanjungpinang, Rahma lewat siaran persnya, Sabtu (11/7/2020).

"Tambahan satu pasien tersebut adalah merupakan pasien yang ke-29 berinisial Hu (38) dengan alamat Jalan Teratai, Kelurahan Tanjungpinang Kita," katanya, dalam siaran pers itu.

Sementara terkait dengan riwayat perjalanan HU terdeteksi, pada 10 Juli 2020 melakukan pemeriksaan rapid test antibodi di RSAL dr Midiyato S untuk melakukan perjalanan ke Jakarta dalam rangka mengontrol penyakit setelah dioperasi beberapa bulan yang lalu di salah satu RS di Jakarta, dan hasil rapid test dinyatakan reaktif.

"Sesuai dengan SOP-nya, seluruh pasien reaktif langsung dikarantina di Rumah Singgah Provinsi Kepri dan dilakukan swab pagi hari tanggal 11 Juli 2020, hasil PCR keluar siang hari dan dinyatakan positif Covid-19," jelasnya.

Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke luar negeri ataupun keluar kota dalam 4 bulan terakhir. Kegiatan rutin sehari-hari jogging sendirian 3 kali seminggu, kadang bersepeda dan di toko pun hanya karyawan yang melayani pembeli, rutin sholat 5 waktu ke Masjid AH Tanjungpinang.

Informasi yang bersangkutan, satu minggu terakhir shalat berjamaah tidak berjarak 1 meter dan sebagian tidak pakai masker. "Saat ini kondisi pasien stabil, tanpa gejala dan dikarantina di Rumah Singgah Provinsi Kepri. Adapun tindak lanjut yang akan dilakukan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang adalah melaksanakan tracing pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien, baik di rumah, di toko, di masjid maupun tempat lainnya dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab atau rapid test," tambahnya.

Dengan dua kasus terkonfirmasi positif dalam dua hari ini, Rahma melakukan imbauan, agar masyarakat senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam era new normal untuk ditingkatkan.

Editor: Gokli