Forum Pengusaha Kepri Peduli Salurkan Bantuan APD untuk Tim Medis
Oleh : Muhammad Asyri
Senin | 20-04-2020 | 14:48 WIB
bantuan-tim-medis-kepri.jpg
Dinaria, dr. Laura Lee dan Abdulrahman, dari Forum Pengusaha Kerukanan Riau Peduli covid-19 saat menyerahkan bantuan APD ke RSUD Kota Tanjungpinang. (Foto: Muhammad Asyri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pengusaha Kepulauan Riau Peduli, eks Forum Pengusaha Perikanan Kepri Peduli bekerjasama dengan 138 donatur yang peduli Tim Medis Covid-19 Kepri, menyalurkan bantuan APD.

Melalui Aksi Solidaritas, per tanggal 27 Maret 2020, tim berhasil menggalang dana kurang lebih sekitar Rp 800 juta rupiah.

Adapun rincian APD Tim Medis Covid-19 yang sudah disalurkan berupa 45.000 pcs masker, 1.200 pcs masker N95, 960 set coverall, 12.000 sarung tangan, 680 liter hand sanitizer, 250 face shield, 360 pcs kacamata goggle, 300 sepatu boot, 390set Gown, 1.000 botol disinfectant, 3 set alat semprot disinfectant.

Penyaluran bantuan APD Tim Medis Covid-19 telah diserahkan oleh Relawan Pengusaha Kepulauan Riau Peduli terdiri dari Dinaria, dokter Laura Lee dan Abdul Rahman, S St.Pi dan diterima dengan baik oleh Dinkes Bintan (11 puskesmas), RSUD Bintan, RSUD Tanjung Uban, Dinkes Tanjungpinang (7 puskesmas), RSUP Ahmad Tabib, RSAL Midiyanto, RSUD Tanjungpinang, Puskesmas Batam. Sedangkan untuk Dinkes Natuna, RSUD Natuna, Dinkes Karimun, RSUD Karimun, Polsek Bintan Timur menyusul kemudian.

"Kami menyalurkan APD untuk Tim Medis Covid-19 Kepulauan Riau ini secara bertahap karena sepertinya pandemi Corona ini akan lama, tergantung dari ketaatan dan disiplin kita semua dalam menjalankan panduan yang telah ditetapkan pemerintah. Untuk itu kita perlu untuk terus berjaga-jaga dan mengamati sehingga setiap bantuan yang disalurkan dapat benar-benar tepat guna sesuai dengan kebutuhan teman-teman tenaga kesehatan dari waktu ke waktu dalam melawan Corona ini," papar Dinaria Songkhu, Ketua Relawan Forum Pengusaha Kepri Peduli.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan, saat ini kebutuhan yang sangat dibutuhkan adalah APD Medis seperti masker bedah, kacamata dan baju medis.

Penasehat Pengusaha Kepulauan Riau Peduli, Abdul Rahman, S.St.Pi menegaskan, aksi solidaritas ini murni untuk solidaritas kemanusiaan.

"Perlu kami tegaskan pula, sumbangan ini diberikan atas nama para orang-orang baik yang peduli dengan Tim Medis Covid-19 di Kepulauan Riau khususnya. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua donatur yang terlibat," ucap Uun panggilan Abdul Rahman, S.St.Pi

Selanjutnya Dokter Laura Lee menambahkan, kepada rekan-rekan sejawat di Kepri yang berjuang di garda depan melawan Covid-19, warga Kepri sampaikan rasa hormat dan terima kasih untuk segala perjuangan, pengorbanan, dan keikhlasan dalam pelayanan medis menghadapi masa sulit ini.

Dan sekalipun dalam segala kesulitan mendapatkan APD, para donatur berpesan untuk mencarikan APD yang terbaik untuk memperlengkapi para pahlawan medis Kepri berperang melawan Covid! "Mau perang, senjata perangnya mesti yang terbaik donk?!"

"Kami bersyukur, beberapa APD kami, seperti goggle dan hazmat, kami berhasil mendapatkan yang terstandarisasi WHO (merk 3M). Selamat bertempur, rekan-rekan sejawat! Kami akan terus dukung dari belakang dan tidak henti-hentinya kami panjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa," pungkas dokter Laura Lee.

Editor: Dardani